SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok)

ilustrasi (dok)

SOLO– Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo mengebut pelaksanaan proyek dengan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2010 hingga akhir tahun. Pasalnya, di sejumlah sekolah pelaksanaannya baru mencapai 60%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar SMP Disdikpora, Bambang Wahyono, pelaksanaan untuk proyek nonfisik berupa kebutuhan buku di sejumlah sekolah telah ditentukan pemenang lelangnya. Saat ini sejumlah buku telah dibagikan ke sekolah untuk diseleksi. Dia mengatakan setelah tahapan itu terpenuhi, pihak ketiga baru akan
menandatangani berita acara pelaksanaan.

“Tugas sekolah sekarang ini tinggal mencocokan apakah daftar buku sesuai yang telah ditentukan,” jelas dia kepada Solopos.com di kantornya, Selasa (20/12/2011). Dia mengungkapkan untuk alat pengadaan laboratorium bahasa sekolah mendapatkan dana Rp 150 juta, namun demikian mereka tidak mendapatkan sejumlah dana itu dalam bentuk tunai. Bantuan yang diberikan sesuai asas manfaat, yakni berupa seperangkat alat komputer berikut dengan perlengkapannya. Dia mengatakan kebutuhan masing-masing laboratorium berbeda, untuk bidang IPA misalnya, sekolah mendapatkan dana senilai Rp 50 juta. Dana tersebut dibagikan ke 12 sekolah.

“Kebutuhan untuk masing-masing laboratorium berbeda jadi besar dana sesuai dengan keperluan,” jelasnya. Lebih lanjut, dia mengatakan untuk pemenuhan alat peraga pendidikan di bidang IPS dikucurkan dana Rp 10 juta, sementara untuk bidang Matematika senilai Rp 5 juta, Olahraga Rp 20 juta dan bidang kesenian senilai Rp 20 juta. Sejumlah sekolah mendapatkan dana tersebut juga berdasarkan asas manfaat, sehingga perangkat yang diperlukan telah sesuai kebutuhan sekolah tersebut. “Pelaksanaannya diharapkan selesai sebelum akhir tahun nanti,” jelasnya.

(das)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya