Pelaksana Tugas Gubernur Sumbar Diganti, Ini Sebabnya...
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik staf ahli Mendagri Bidang Ekonomi, Hamdani, sebagai penjabat (pj) gubernur Sumatra Barat, di Jakarta Kamis (18/2/2021). (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, PADANG — Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kamis (18/2/2021), melantik anggota Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi Hamdani sebagai penjabat (pj) gubernur Sumatra Barat. Sebelum gubernur Sumbar itu diganti, pemerintah telah menunjuk sekretaris daerah Sumbar Alwis sebagai pelaksana harian (plh.).

Dengan ditunjuknya Hamdani sebagai penjabat, maka Alwis yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana harian (Plh) resmi kembali ke jabatannya, yakni sekretaris daerah Provinsi Sumbar. Alwis yang menyaksikan pelantikan itu secara virtual di Padang, mengatakan sesuai dengan arahan Mendagri Tito Karnavian Hamdani akan menjalankan roda pemerintahan di Sumbar hingga gubernur terpilih dilantik.

Baca Juga: Peluang Bisnis Makanan Beku

“Pj. Gubernur Sumbar Hamdani sebelum merupakan sekjen Kemendagri dan staf ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan,” katanya di Padang, Kamis. Nantinya, pj gubernur juga akan menyelesaikan penanganan Covid-19 dan vaksin di Sumbar yang kini masih terus berjalan hingga ke kabupaten dan kota.

Ditunjuknya Hamdani sebagai Pj Gubernur Sumbar juga menjadi bagian sejarah terpenting, karena Hamdani adalah putra daerah Ranah Minang yang berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan. Hamdani bahkan merupakan ASN yang bertugas di masa Gubernur Gamawan Fauzi.

Kaya Pengalaman

Sebelum dipercaya menjadi pj. gubernur Sumbar, Hamdani juga pernah menjadi pj gubernur Bali pada Agustus-September 2018. Sedangkan terkait jabatannya di staf ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negeri, sudah dimulai dari 2015 sampai kini dan pernah menjabat sebagai staf ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Keuangan 2014-2015.

“Penjabat Gubernur Sumbar kini resmi diemban oleh Drs. Hamdani, MM., M.Si., AK per hari ini. Dia menggantikan jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Plh Gubernur Sumbar, Alwis,” ucap Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Berita Terkini Lainnya








Kolom