Tutup Iklan

Pelajari Tips-Tips Ini Untuk Anda yang Ingin Mengajukan KPR dengan Gaji 4 Juta Kebawah

Pelajari Tips-Tips Ini Untuk Anda yang Ingin Mengajukan KPR dengan Gaji 4 Juta Kebawah

SOLOPOS.COM - Penjaga stan menjelaskan tentang model dan harga rumah kepada calon pembeli pada pameran perumahan Real Estate Indonesia (REI), di Semarang, Rabu (7/9/2016). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Pelajari Tips-Tips Ini Untuk Anda yang Ingin Mengajukan KPR dengan Gaji 4 Juta Kebawah

Mimpi tinggal bersama keluarga di rumah sendiri adalah impian dan mimpi semua orang, tapi permasalahannya terkadang kondisi keuangan pribadi yang tidak tertib alias amburadul membuat impian yang tadinya indah menjadi hancur. Tapi yang perlu dicatat adalah bukan karena penghasilan yang pas pasan tapi lebih karena keuangan yang tidak tertib dan amburadul.

Seringkali juga mereka yang mempunyai penghasilan hingga puluhan juta bisa jadi juga gagal memiliki rumah sendiri kalau pengaturan keuangannya benar-benar tidak jelas, tidak jelas disini dalam arti lebih besar pengeluaran daripada pemasukan.

Namun di sisi lain, mereka mereka para kaum medioker yang gajinya benar benar pas pasan apalagi benar benar mepet dengan UMR (Upah Minimum Regional) ternyata bisa mewujudkan mimpi memiliki rumah sendiri. Ini dikarenakan saat ini pemerintah sedang menggalakkan rumah untuk rakyat dengan program yang sangat bersahabat dengan mereka.

Berita baiknya, bagi Anda yang saat ini penghasilan perbulannya tidak sampai Rp. 4 juta ada progam Kredit Pemilikan Rumah BTN dari BTN dengan uang muka yang hanya 1 persen saja Anda sudah bisa memiliki rumah idaman. Ini jelas merupakan berita baik bagi yang gajinya pas pasan, namun benar-benar ingin memiliki rumah.

Tidak hanya rumah tapak saja, tapi bagi Anda yang ingin mendapatkan rumah idaman di rumah susun, program ini bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda. Walaupun program rumah rakyat ini benar-benar menarik, namun ada beberapa hal yang harus Anda cermati dan harus disesuaikan dengan kondisi Anda saat ini. Website KPR terbaik cermati.com yang membantu membandingkan kpr terbaik dari KPR BCA dan  KPR BNI Griya memberikan beberapa tips-tips bagi Anda yang ingin mengajukan KPR dengan gaji 4 Juta kebawah .

  1. Suku bunga yang fix

Program ini benar benar program yang ramah bagi rakyat kecil, bagaimana tidak kalau biasanya KPR bank non program ini bunga nya bisa diatas 10 persen, namun selama kredit berjalan, suku bunga hanya sebesar 5 persen dan tenornya bisa hingga 20 tahun. Ini dikarenakan program KPR ini benar benar disubsidi pemerintah jadi tidak heran bisa menerapkan bunga yang benar benar rendah.

  1. Maksimal gaji (berlaku suami istri)

Bagi Anda yang benar benar ingin memiliki rumah idaman maka syarat yang ditentukan adalah gaji maksimal yang dimiliki adalah Rp. 4Juta dan Rp. 7Juta bagi yang ingin membeli rumah susun. Ini berlaku untuk gaji gabungan suami istri, maksudnya kalau suami mempunyai gaji Rp. 3juta dan istri mempunyai gaji Rp. 2juta, maka dengan total gaji sebesar Rp. 5 juta, Anda tidak bisa memiliki rumah idaman karena gaji maksimalnya sudah diatas Rp. 4 juta.

  1. Biaya diluar uang muka dan cicilan

Kalau mengikuti program KPR sejahtera ini ada biaya yang memang harus Anda bayarkan di luar uang muka dan cicilan bulanan. Sama seperti bank umum lainnya namun perbedannya tidak terlalu memberatkan seperti halnya KPR di bank biasa. Dan biaya yang harus ditanggung antara lain :

Biaya provisi 0,5 % dari harga rumah

Biaya administrasi Rp 200-250 ribu

Biaya notaris 0,5-1 % dari harga rumah

Asuransi

  1. Belum pernah memiliki rumah

Bagi mereka yang belum pernah memiliki rumah diperbolehkan untuk mengikuti program KPR sejahtera ini dan pernyataan calon pembeli diperkuat dengan sebuah surat pernyataan bermaterai kalau memang belum pernah memiliki sebuah rumah.

  1. Asuransi

Peserta program KPR Sejahtera ini otomatis akan mendapatkan perlindungan asuransi baik jiwa  maupun rumah yang akan dibeli.

Jadi kalau penghasilan Anda saat ini masih minim dan dibawah Rp. 4 juta, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki rumah idaman. Asalkan memenuhi syarat dan disiplin dalam membayar rumah idaman pasti ada ditangan. Contoh bank yang memberikan Anda asuransi jiwa KPR adalah bank CIMB NIaga.

Selain itu perhatikan juga kekuatan Anda untuk membayar, jangan sampai Anda membayar melebihi kekuatan Anda mencicil setiap bulannya. Kalau perhitungan Anda hanya mampu membayar cicilan sebesar Rp. 1 jutaan perbulan, jangan memaksakan diri untuk mengambil cicilan sebesar Rp. 1,5 juta perbulan. Ini dikarenakan walaupun mengambil KPR Sejahtera ini di subsidi pemerintah, namun membeli rumah pun diperlukan perencanaan keuangan yang matang.

Berita Terkait

Berita Terkini

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.