SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono memberikan selamat kepada 76 orang calon Paskibraka belum lama ini. (Istimewa/Pemkab Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang pelajar SMA Negeri Jumapolo bernama Kayla Alfaresha Andesti terpilih sebagai calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Siswa tersebut saat ini tengah digembleng untuk mengikuti pelatihan hingga upacara HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti.

Sementara itu sebanyak 76 pelajar asal 24 SMK/SMA negeri dan swasta di Karanganyar juga menjalani latihan fisik Paskibraka tingkat Kabupaten Karanganyar. Mereka digembleng oleh personel Kodim 0727/Karanganyar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Bidang olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Karanganyar, Eko Suroso, mengatakan satu orang pelajar SMAN Jumapolo atas nama Kayla Alfaresha Andesti dikirim ke Semarang untuk menjalani latihan calon paskibraka tingkat provinsi Jawa Tengah.

“Hanya satu yang lolos ke provinsi. Sedangkan kami di sini menggembleng 76 calon paskibraka tingkat kabupaten,” katanya kepada Solopos.com, Kamis (27/7/2023).

Selama masa latihan, pihaknya menyuplai nutrisi 76 pelajar tersebut. Izin dispensasi belajar ke sekolah masing-masing juga sudah diproses.

Dikatakannya, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengatur untuk menu makanannya. Menu yang disajikan empat sehat lima sempurna. Di mana, pagi hari makan lauk telur rebus dan teh hangat. Makan siang lalu sore snack.

“Mereka tidak boleh minum es dan makanan pedas. Jadi semua kami ukur agar menjaga fisik sampai saat upacara 17 Agustus,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan sebanyak 76 paskibraka ini telah lolos tujuh tahapan seleksi mulai administrasi sampai pengukuran badan. Sebelumnya, jumlah pendaftar mencapai 376 siswa.

Dia berharap 76 orang paskibraka lolos masa pelatihan dan dilantik menjadi paskibraka upacara detik-detik proklamasi 17 Agustus.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan para calon paskibraka patut berbangga. Mereka mendapat kepercayaan mengemban tugas terhormat mengibarkan bendera Merah Putih di detik-detik proklamasi.

“Patut disyukuri dan laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Ini bekal menghadapi masa depan, yakni cinta Tanah Air,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya