Pelabuhan Tegal Macet Pol, Ratusan Kapal Nelayan Gagal Melaut

Pelabuhan Jongor di Kota Tegal, Jawa Tengah, penuh sesak akibat ratusan kapal nelayan gagal melaut.

 Foto udara ratusan kapal nelayan tertambat di Pelabuhan Jongor, Tegal, Jawa Tengah, Rabu (19/1/2022). (Antara Foto/Oky Lukmansyah)

SOLOPOS.COM - Foto udara ratusan kapal nelayan tertambat di Pelabuhan Jongor, Tegal, Jawa Tengah, Rabu (19/1/2022). (Antara Foto/Oky Lukmansyah)

Solopos.com, TEGAL — Pelabuhan Jongor, Tegal, Jawa Tengah, pada Rabu (19/1/2022), tampak padat merayap. Ratusan kapal nelayan tertambat karena gagal melaut.

Ratusan nelayan lokal mendesak pemerintah setempat mempercepat proses perizinan melaut bagi eks-nelayan kapal dengan alat tangkap cantrang yang beralih ke alat tangkap jaring tarik berkantong.

PromosiInsentif Fiskal untuk Mewujudkan Ambisi Penggunaan Kendaraan Listrik

Baca juga: Berangkatkan 1 Kapal, Nelayan Tegal Butuh Minimal Rp1 Miliar

Dikabarkan Antara, sejumlah nelayan memblokir jalan jalur lingkar utara (Jalingkut) seusai mendatangi Kantor Wilayah Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Tegal. Mereka menuntut pemerintah setempat mempercepat proses perizinan melaut.

Dikutip dari situs DPRD Kota Tegal, aksi itu merupakan buntut pemulangan ratusan nelayan cantrang yang baru saja melaut, menyusul dikeluarkannya surat perintah Direktur Kapal Pengawas PSDKP. Di dalam surat perintah tersebut disampaikan, seluruh kapal cantrang yang saat ini masih beroperasi menggunakan alat tangkap yang dilarang diminta untuk putar balik kembali ke pelabuhan.

Baca juga: Terkendala Izin, Ratusan Kapal Nelayan di Tegal Tidak Melaut

Direktur Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) akan memberikan sanksi sesuai undang-undang, bagi kapal cantrang yang masih menangkap ikan secara ilegal tanpa membawa perizinan. Selama kurang lebih 10 menit memblokir Jalingkut, para nelayan akhirnya membubarkan diri dengan didampingi aparat TNI Polri.

Sementara itu, diketahui tim dari PSDKP akan menuju ke Kota Bahari, untuk melakukan pengecekan fisik yang menjadi pra syarat izin melaut untuk alat tangkap jaring tarik berkantong.

Sumber: Antara

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Check-in di Hotel, PSK di Semarang Dianiaya Tamu Pakai Muntu

Boy menganiaya PSK menggunakan muntu saat check-in di hotel untuk mengambil uang dan harta milik PSK tersebut.

Mobil Avanza Tabrak Karimun di Flyover Jatingaleh, Ini Kronologinya

Kecelakaan lalu lintas di Flyover Jatingaleh Semarang bermula ketika pengemudi Avanza diduga mengantuk atau kebingungan melaju dari arah Tanah Putih.

Jadi Percontohan, Desa di Semarang Ini Tanam Kedelai Varietas Unggul

Sebanyak 30 kilogram bibit kedelai yang terdiri dari varietas Sugentan dan Gamasugen diserahkan BRIN dalam kegiatan ini.

25 Orang Lolos Tes Potensi Calon Anggota Komisi Informasi Jateng

Sebanyak 25 orang dinyatakan lolos tes potensi calon anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Periode 2022-2026.

Kuliner Nasi Penggel, Jumeokbap Korea Ala Kebumen

Nasi Penggel adalah olahan kuliner khas Kebumen, Jawa Tengah yang bentuknya menyerupai nasi kepal Korea, Jumeokbap.

Serem! Warga di Semarang Ini Tinggal di Tengah Kuburan

Warga Kampung Bergota Krajan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sudah lama hidup berdampingan dengan kuburan karena berada di kompleks permakaman.

Pengumuman! Layanan Imigrasi Semarang Akan Permanen di MPP Grobogan

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang berencana membuka layanan imigrasi secara definitif di Mal Pelayanan Publik Grobogan.

14 Ekor Sapi Positif PMK, Pasar Hewan di Banjarnegara Ditutup

Sejumlah pasar hewan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditutup menyusul ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK pada 14 ekor sapi.

Presiden Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker, Ini Saran Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyarankan masyarakat untuk sadar diri dalam melakukan perlindungan diri menyusul pelonggaran penggunaan masker di tempat terbuka.

Asal-Usul Pemalang, Tanah Merdeka di Pulau Jawa

Asal-usul Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dulunya merupakan salah satu dari 14 daerah merdeka di Pulau Jawa yang dipimpin seorang raja.

Misteri 3 Kerajaan Gaib di Jembatan Comal Pemalang

Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, konon dikelilingi tiga kerajaan gaib.

Asal-Usul Desa Cawet Pemalang: Bermula dari Celana Dalam

Sejarah penamaan Desa Cawet di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berawal dari celana dalam.

Kenapa Pati Dijuluki Kota Paranormal?

Apa alasannya sih Kabupaten Pati di Jawa Tengah, dijuluki sebagai kota seribu paranormal?

Ternyata Ini Jabatan Pegawai Kecamatan Ngaringan Yang Nilap Bansos PKH

Camat Ngaringan Widodo Joko Nugroho mengatakan sudah melakukan tindakan kepada pegawai kecamatan yang diduga mencairkan bansos orang meninggal.

Ini Dia Rumah Sakit Tertua di Jawa Tengah, Ternyata Ada di Klaten

RSUP dr Soeradji Tirtonegoro di Kabupaten Klaten disebut-sebut sebagai salah satu rumah sakit tertua di Jawa Tengah atau Jateng.