SOLOPOS.COM - Ilustrasi nelayan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ilustrasi nelayan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ilustrasi nelayan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pelabuhan Tanjung Adikarta bakal segera beroperasi. Pemkab menyiapkan mental dan skill bagi para nelayan pesisir Kulonprogo 
Harianjogja.com, WATES – Sambil menanti penyelesaian pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto, pemkab mulai menyiapkan mental dan skill para nelayan pesisir Kulonprogo. Nelayan pesisir pantai selatan difasilitasi pelatihan mengoperasikan kapal di atas 30 grosston dan pengelolaan tempat pelelangan ikan yang tepat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Diskepenak) Kulonprogo Endang Purwaningrum mengungkapkan, pelatihan tersebut sangat dibutuhkan nelayan Kulonprogo. Dia mengatakan, jika pengerukan selesai dilakukan dan pelabuhan mulai dioperasikan, maka nelayan sudah siap untuk melaut.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jika dibandingkan dengan daerah lain yang sudah menjadikan nelayan sebagai pekerjaan utama, maka berbeda dengan nelayan Kulonprogo. Selama ini, nelayan Kulonprogo hanya melaut pagi dan pulang pada sore hari,” ungkap Endang saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (28/5/2015).

Endang menegaskan, saat pelabuhan mulai beroperasi, maka nelayan Kulonprogo harus siap melaut selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu. Pasalnya, beroperasinya kapal bermuatan 30 GT ke atas akan berlayar di tengah laut selama berhari-hari. Dalam pelatihan tersebut, para nelayan dilatih mentalnya untuk dapat bertahan berhari-hari saat melaut mencari ikan.

“Pelatihan materi sudah selesai belum lama ini, sekarang para nelayan yang mengikuti training sedang mengikuti studi banding ke Lamongan, Jawa Timur. Ada belasan orang yang mengikuti studi banding nelayan dan pengelolaan TPI,” jelas Endang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya