SOLOPOS.COM - ilustrasi

KULONPROGO — Pemkab Kulonprogo mengklaim banyak investor yang ingin menanamkan modal di seputaran Pelabuhan Tanjung Adikarto, Desa Karangwuni, Wates.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekda Kulonprogo, Budi Wibowo, Jumat (21/9) menjelaskan, pihaknya sudah dihubungi beberapa pemilik kapal penagkap ikan yang ingin masuk ke pelabuhan tersebut.

“Prinsip kami terbuka kepada para investor untuk bermain di kawasan pelabuhan dari dalam atau luar Kulonprogo. Banyak hal yang butuh investor, misalnya SPBU, dok kapal, hingga tempat jualan logistik,” ujar Budi.

Ia berharap pengerukan pasir besi di sisi timur pelabuhan secepatnya dilakukan agar investor yang akan masuk dapat mendirikan berbagai bangunan. Ia menegaskan, kedatangan investor dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Kulonprogo.

Terkait pelaksanaan pembangunan pelabuhan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Sudiyanto mengungkapkan, mulai 2012 akan dibangun beberapa bagian seperti pagar keliling pelabuhan sepanjang 1.100 meter dan pengerukan kolam kapal seluas tiga hektare.

Adapun pada 2013, direncanakan untuk membangun gedung perkantoran, gudang, musala dan fasilitas gedung lainnya menggunakan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp100 miliar.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya