SOLOPOS.COM - Warga Desa Karangwuni, Kulonprogo mengidentifikasi lahan yang bakal dibangun akses jalan di luar pagar Pelabuhan Adikarto, Rabu (19/9) (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Warga Desa Karangwuni, Kulonprogo mengidentifikasi lahan yang bakal dibangun akses jalan di luar pagar Pelabuhan Adikarto, Rabu (19/9) (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo bersama Badan Pertanahn (BPN) tengah mengidentifikasi tanah di seputar Pelabuhan Tanjung Adikarto. Mayoritas warga setempat mulai menerima rencana pembangunan pagar di areal pelabuhan tersebut.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Kepala Seksi Produksi Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (KPP) Kulonprogo, Darmun menjelaskan, saat ini tengah dilakukan identifikasi lahan yang akan terkena akses jalan dan pembangunan pagar.

“Hal ini bakal dijadikan pijakan untuk membicarakan proses ganti rugi lahan warga akibat pemabangunan jalan itu,” ujarnya, Rabu (19/9).

Proses ganti rugi dan pembangunan jalan itu akan dilakukan mulai 2013. Darmun berharap warga Dusun I dan II Desa Karangwuni bisa menerima tawaran tersebut.

Warga setempat, Tri Sukarno mengungkapkan, dari hasil pertemuan dengan Pemkab, Selasa (18/9) lalu, telah ada titik temu terkait rencana pembangunan akses jalan alternatif di kawasan pelabuhan.

Pembangunan akan dibuat melingkar di luar pagar kolam pelabuhan baik di sisi timur, utara dan selatan.

“Belum ada kesepakatan tapi secara garis besar ada sedikit titik temu. Masyarakat sepakat dibuat akses
jalan alternatif di luar pagar dengan luas yang belum disepakati. Saat ini kami tengah mengawasi proses identifikasi,” ujarnya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya