SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video gambar desain bakal rel layang simpang joglo, Banjarsari, Solo, yang beredar via Whatsapp. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rekayasa arus lalu lintas di simpang Joglo, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah terkait dengan pembangunan rel layang akan dilakukan mulai Selasa-Rabu (7-15/6/2022).

Hal itu berkaitan dengan proyek pembangunan rel layang simpang Joglo yang akan dimulai pada awal bulan Juni 2022. Proses pembangunan dimulai dengan relokasi saluran box culvert atau saluran air ke sisi barat. Dampaknya, pihak terkait akan melakukan rekayasa arus lalu lintas mulai tanggal 7 Juni hingga 15 Juni 2022.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dalam timelines pekerjaan dan Rencana Manejemen Lalu Lintas (RMLL) yang diterima Solopos.com pada Rabu (1/6/2022), pengerjaan saluran ini akan berjalan selama satu pekan. Setelah itu akan disusul pembangunan detour track kereta api mulai pertengahan Juni.

Rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan pada tahap pengerjaan relokasi saluran adalah mengalihkan semua kendaraan berat untuk masuk ke jalan tol. Selain itu, untuk kendaraan kecil dari Jalan Mangunsarkoro menuju perlintasan simpang Joglo akan dialihkan ke Jalan Ahmad Yani.

Kendaraan yang mengarah dari Jalan Sumpah Pemuda atau Jalan Solo-Purwodadi juga akan dialihkan ke Jalan Ahmad Yani. Pengalihan kendaraan berat yang melintas di simpang Joglo itu tidak lepas dari penyempitan jalan selama pengerjaan tersebut. Lebar jalan semula 6 meter menjadi 4 meter.

Baca Juga : Simpang Joglo Solo Akan Ditutup Untuk Pembuatan Detour Track, Kapan?

Selain itu, dalam tahap relokasi saluran air juga akan ada penutupan perlintasan secara bergantian, yaitu pada Minggu-Senin (12-13/6/2022) penutupan perlintasan di sisi utara. Kemudian, pada Selasa-Rabu (14-15/6/2022) penutupan akan dilakukan di sisi selatan.

PT Wika selaku kontraktor akan mengerjakan relokasi saluran air setiap pukul 21.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Site Manajer proyek pembangunan jalur kereta api elevated antara Solo Balapan-Kadipiro Kilometer 104+700 sampai dengan 107+000, Dendy Purbowo, saat dihubungi Solopos.com pada Rabu (1/6/2022) menjelaskan tentang relokasi saluran air dan pembuatan detour track.

Dua pekerjaan itu, katanya, akan menjadi tahap pertama yang akan digarap. Nantinya, ungkap Dendy, pekerjaan tersebut akan dilakukan pada malam hari hingga pagi hari.

“Seperti yang diungkapkan kemarin. Kami masuk tahap satu, yakni pembuatan detour track. Tapi kami buat saluran penggantinya dulu mulai pukul 21.00 WIB hingga 06.00 WIB. Kami juga akan lakukan sosialisasi difasilitasi Dinas Perhubungan [Dishub]. Adanya penyempitan jalan jadi kendaraan berat nantinya akan dialihkan ke jalan tol,” ucap Dendy.

Baca Juga : Gunakan Konstruksi Modern, Pembangunan Rel Layang Joglo Minim Aktivitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya