Dua pekerja Pertamina dibantu seorang guru menjelaskan tentang energi kepada anak-anak penyandang tunarungu di SDLB Negeri Cilacap saat digelar Program Pertamina Energi Negeri 4, Senin (18/11/2019). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, CILACAP — Puluhan pekerja Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, Senin (18/11/2019), menjadi sukarelawan pengajar di empat sekolah dasar wilayah setempat. Kegiatan mengajar di sejumlah sekolah itu digelar dalam rangka Pertamina Energi Negeri (PEN) 4.

Empat sekolah dasar yang tersebar di sejumlah wilayah Cilacap, yakni SD Negeri Lomanis 2, SD Negeri Kutawaru 1, SD Ujung Alang Filial Bondan dan SD Luar Biasa Negeri Cilacap, dipilih sebagai lokasi PEN 4. Program itu mirip Kelas Inspirasi besutan Indonesia Mengajar yang kondang sejak bertahun-tahun silam.

Program PEN 4 itu dilaksanakan secara serentak oleh PT Pertamina (Persero) di sejumlah kota se-Indonesia. Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) Pertamina RU IV Cilacap Didik Bahagia mengatakan PEN 4 merupakan salah satu rangkaian peringatan hari ulang tahun Pertamina

"Pertamina Energi Negeri ini merupakan kegiatan riil yang dilakukan oleh Pertamina. Jadi Pertamina tidak hanya mengutamakan dari sektor bisnis, dari sektor usaha, tetapi Pertamina riil hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang dalam hal ini ikut mengajar," papar Didik Bahagia saat ditemui wartawan di SD Negeri Lomanis 2 yang lokasinya tidak jauh dari kilang Pertamina RU IV Cilacap.

Dalam hal ini, kata dia, Pertamina ikut mengajar khususnya di lingkungan SD termasuk sekolah luar biasa. Kegiatan tersebut, tegasnya, ditujukan untuk menginspirasi bahwa dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul itu merupakan kewajiban bersama.

"Mudah-mudahan dengan hadir Pertamina kepada anak-anak tadi, anak-anak tapi bisa menangkap pesan yang disampaikan oleh Pertamina dan semangat, yang penting adalah semangat belajar karena ke depan kita sadar bahwa sumber daya manusia sangat kompetitif di tahun 2019 dan seterusnya, kenapa? Karena kita memasuki era global, era yang bersaing, kita tidak boleh lagi ngomong di era Indonesia, tetapi di era global dan ingat ke depan industri kita juga industri 4.0," katanya.

Menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa tingkat persaingan sangat kompetitif, sehingga mulai hari ini sampai ke depan Pertamina sudah melakukan Pertamina Energi Negeri yang keempat kalinya. Selain hadir dalam tugasnya sehari-hari untuk menyediakan bahan bakar minyak nasional, kata dia, Pertamina juga hadir dan ikut mengajar untuk menanamkan moral-moral yang baik.

Kepala SD Negeri Lomanis 2 Saminah mengaku senang karena sekolah yang dipimpinnya terpilih sebagai salah satu lokasi kegiatan Pertamina Energi Negeri 4. "Saya sangat bersyukur karena hal ini sangat menginspirasi bagi anak-anak didik kami di SD Negeri Lomanis 2 yang notabene adalah ring satu, sangat dekat dengan Pertamina," katanya.

Kendati lokasinya sangat dekat, dia mengakui jika anak-anak kadang tidak paham mengenai Pertamina dan kegiatannya apa saja. Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat digelar setiap tahun sehingga berlanjut dan berkesinambungan.

"Ini sangat bermanfaat bagi anak didik karena sebenarnya di SD kami ada program pendidikan keluarga yang di dalamnya ada salah satunya kelas inspiratif," katanya.

Menurut dia, kelas inspirasi dilakukan sekolah dengan cara mengundang narasumber berupa orang-orang yang sukses untuk memberi pengetahuan bagi anak didik agar terinspirasi dan memiliki semangat untuk mencapai kesuksesan. Sementara di SDLB Negeri Cilacap, para pekerja Pertamina Cilacap dan sukarelawan dari unit lain mengajar di sejumlah kelas, baik kelas khusus anak tunarungu maupun tunagrahita.

Saat mengajar anak-anak penyandang tunarungu, para pekerja Pertamina itu dibantu oleh guru meskipun di antara mereka menguasai bahasa isyarat. Selain itu, para pekerja Pertamina juga menggunakan alat peraga untuk memperkenalkan berbagai jenis profesi termasuk pekerjaan di Pertamina.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten