SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Danto Pramonosidi di mata Sajidan merupakan sosok pekerja keras. Danto adalah mahasiswa Sajidan saat menempuh Program Magister Ilmu Lingkungan di Pascasarjana Universitas Sebelas Maret (UNS).
Di tengah kesibukan sebagai seorang pengusaha, dengan usia yang terbilang senior, motivasi Danto dalam menuntut ilmu, diakui Sajidan, senantiasa menggelora. ”Pak Danto juga begitu open minded,” ujar Pembantu Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS ini saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Kamis (28/1) sore.
Misalnya saja, kata Sajidan, saat diberi materi bioremidiasi, yakni pemanfaatan mikroorganisme efektif dalam pembuatan pupuk. Setelah mendapat materi itu, Danto pun dengan antusias langsung mengaplikasikannya. Dengan gerak langkah yang cepat itulah, menurut Sajidan, interaksi antara dosen dan mahasiswa pun lantas terjalain seperti mitra.
Itu pula sebabnya, Danto lalu membangun kerja sama dengan UNS dalam bentuk program permagangan di Palem An Nuur bagi mahasiswa Jurusan Peternakan dan Program Pendidikan Biologi. Mahasiswa diajari membuat pupuk organik, menggemukkan sapi sampai mengelola tanaman secara organik. Di Palem An Nuur itu, para petani dari berbagai daerah juga mengikuti program permagangan serupa. Bahkan dengan relasi yang luas, peternakan terpadunya juga kerap digandeng sebagai mitra Departemen Pertanian.
Menurut Sajidan, ada pula sisi unik Danto yang berkesan baginya, yakni Danto memberi nama setiap ekor sapi peliharaannya dengan nama-nama yang keren. ”Katanya itu untuk memudahkannya menghafalkan sapi-sapi miliknya,” ujarnya sambil menyunggingkan senyum.
Lewat jerih payah yang mulai menghasilkan itu, Sajidan berharap Danto terus menyosialisasikan kepada masyarakat dengan penuh kesabaran dan pendekatan yang interaktif. Konsep pemasaran produk juga harus berani merambah ke pasar modern. ”Tidak lupa senantiasa mengembangkan research and development dengan menggandeng perguruan tinggi sebagai mitra,” harap Sajidan.

Oleh: Fetty Permatasari, Esmasari Widyaningtyas

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya