Pekerja di Karanganyar Akan Terima Bantuan Subsidi Upah

Pemkab Karanganyar berencana memberikan bantuan subsidi upah 2021 kepada karyawan menyusul wacana dari Kemenaker.

 Ilustrasi uang. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar. Hal tersebut menindaklanjuti adanya usulan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) 2021 Kemenaker bagi kabupaten/kota yang termasuk kategori level 3 dan 4 PPKM darurat, termasuk di Karanganyar.

Ihwal adanya penyaluran BSU bagi pekerja di Karanganyar diungkapkan oleh Kabid Hubungan Industrial (HI) Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, Hendro Prayitno, ketika dihubungi Solopos.com Minggu (25/7/2021).

Dia mengatakan adanya program bantuan subsidi upah 2021 bagi pekerja di Karanganyar dia dapatkan saat mengikuti sosialisasi via daring dari Kemenaker Sabtu (24/7/2021). Berdasarkan informasi tersebut pekerja di Karanganyar yang termasuk PPKM level 3 akan mendapatkan distribusi bantuan.

“Kalau berdasarkan sosialisasi kemarin memang yang dapat itu pekerja di wilayah level 3 dan 4. Infonya nanti dapatnya sekitar Rp1 juta yang akan dikirimkan ke rekening penerima langsung,” ungkap dia.

Baca juga: Mulai Senin, Pedagang Kuliner Karanganyar Boleh Jualan dan Layani Makan di Tempat

Hendro mengatakan bantuan subsidi upah 2021 akan mengacu data seperti penyaluran BSU sebelumnya yaitu melalui BPJS Ketenagakerjaan. Meskipun begitu, terkait informasi lebih lanjut, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Kemenaker terkait juknis dan kepastian distribusi bantuan bagi pekerja.

Pemkab Karanganyar saat ini masih berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar terkait hal tersebut.

“Karena tujuannya memang untuk kompensasi pekerja yang terdampak PPKM darurat kemarin. Tapi kami masih menunggu juknisnya dulu dari surat resmi,” imbuh dia.

Baca juga: Bikin Resah, 4 Pelaku Teror Lempar Batu ke Truk Dan Mobil Di Klaten Ditangkap

Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar, Gunadi Hery Urando, mengatakan pihaknya siap untuk bekerjasama terkait penyaluran BSU. Namun, dia mengatakan pihaknya masih memastikan informasi dari pemerintah pusat terkait program tersebut. Namun, apabila program tersebut direalisasi, langkah yang dilakukan tidak jauh berbeda dari penyaluran sebelumnya.

“Kami sudah pernah ada pengalaman soal penyaluran BSU sebelumnya. Langkahnya nanti pastinya akan mengkolektif data nomor rekening pekerja dan memfilter sesuai persyaratan yang ditentukan. Tapi sampai saat ini kami masih menunggu kepastian program tersebut. Jangan sampai masyarakat sudah berharap ternyata programnya tidak jadi malah akan menimbulkan kekecewaan dari masyarakat,” beber dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Pemkab Sragen Anggarkan Operasional Pintu Palang KA Bedowo di 2022

Dishub Sragen memastikan akan memasang pintu palang semi-elektronik di perlintasan KA Bedowo pada 2022.

KSPI Karanganyar Tolak Bahas UMK 2022, Ini Alasannya

KSPI Karanganyar menilai PP No. 36/2021 tidak berpihak kepada pekerja.

SGS 2021 Tinggal 4 Hari Lagi, Buruan Tukar Poin Sebelum Ditutup!

Para pembeli pada ajang Solo Great Sale atau SGS diimbau segera menukar struk mereka dengan poin agar bisa mengikuti undian berhadiah rumah, mobil, dan lainnya.

Menko PMK Sebut Karanganyar Cocok untuk Pengembangan Pendidikan

Menko PMK, Muhadjir Effendy, menilai Karanganyar menjadi lokasi ideal di wilayah aglomerasi Soloraya untuk pengembangan pendidikan.

CFD Belum Dibuka, Alun-Alun Sukoharjo Ramai Pedagang pada Akhir Pekan

Kawasan Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo ramai pedagang saat akhir pekan padahal Pemkab belum mengizinkan CFD tiap Minggu pagi berlangsung.

BRI Panen Hadiah, 64.152 Nasabah Simpedes Berpeluang Raih Rp639 Juta

Sebagai wujud apresiasi, BRI Sragen menyediakan hadiah dengan nilai lebih dari setengah miliar rupiah bagi para nasabah Simpedes di Bumi Sukowati.

Jalur Pungkruk-Mungkung Sragen Ditinggikan 1 Meter

Pemkab Sragen menggandeng Polres Sragen melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan persimpangan Pungkruk karena jalan itu akan ditinggikan.

Peresmian Kantor Baru PAC PDIP Banjarsari Solo akan Dihadiri Megawati

Peresmian kantor baru PAC PDIP Banjarsari, Solo, pada Kamis (28/10/2021), rencananya dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Mahasiswa UNS Solo Beri Ultimatum: Bubarkan Menwa!

Ratusan mahasiswa UNS Solo memberi ultimatum kepada petinggi kampus untuk membubarkan Menwa karena dianggap tidak urgen dalam iklim akademik.

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Sragen 83 Persen dari Target

Herd immunity di Sragen baru bisa tercapai bila 775.774 orang yang berumur di atas 12 tahun sudah divaksin.

Di Karanganyar akan Dibangun Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah akan membangun universitas di Karanganyar. Izin operasionalnya sudah turun.

Mantul, Penyandang Disabilitas di Klaten Belajar Bikin Pupuk Organik

Penyandang disabilitas di Desa Gatak, Kecamatan Delanggu, Klaten, berlatih membuat pupuk organik untuk mendukung ketahanan pangan di desa setempat di tengah pandemi Covid-19.

ODGJ Mengamuk, Kamar Singgah Dinsos Karanganyar Dirusak

Sebelum dibawa ke RSJD Solo, ODGJ itu mengamuk hingga merusak pintu kamar mandi di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar.

Menilik "Rekam Jejak" UMK Sragen, Melambung di 2020, Anjlok di 2021

Dalam periode lima tahun terakhir, UMK Sragen mengalami kenaikan naik paling tinggi secara nominal pada 2020, yakni Rp142.414.

Huh.. Hah.. Inilah 5 Kuliner Ekstra Pedas di Sragen yang Layak Dicoba

Lima kuliner ekstra pedas yang layak dicoba di Sragen.