Tutup Iklan

Pekerja di Karanganyar Akan Terima Bantuan Subsidi Upah

Pemkab Karanganyar berencana memberikan bantuan subsidi upah 2021 kepada karyawan menyusul wacana dari Kemenaker.

 Ilustrasi uang. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang. (freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar. Hal tersebut menindaklanjuti adanya usulan penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) 2021 Kemenaker bagi kabupaten/kota yang termasuk kategori level 3 dan 4 PPKM darurat, termasuk di Karanganyar.

Ihwal adanya penyaluran BSU bagi pekerja di Karanganyar diungkapkan oleh Kabid Hubungan Industrial (HI) Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar, Hendro Prayitno, ketika dihubungi Solopos.com Minggu (25/7/2021).

Dia mengatakan adanya program bantuan subsidi upah 2021 bagi pekerja di Karanganyar dia dapatkan saat mengikuti sosialisasi via daring dari Kemenaker Sabtu (24/7/2021). Berdasarkan informasi tersebut pekerja di Karanganyar yang termasuk PPKM level 3 akan mendapatkan distribusi bantuan.

“Kalau berdasarkan sosialisasi kemarin memang yang dapat itu pekerja di wilayah level 3 dan 4. Infonya nanti dapatnya sekitar Rp1 juta yang akan dikirimkan ke rekening penerima langsung,” ungkap dia.

Baca juga: Mulai Senin, Pedagang Kuliner Karanganyar Boleh Jualan dan Layani Makan di Tempat

Hendro mengatakan bantuan subsidi upah 2021 akan mengacu data seperti penyaluran BSU sebelumnya yaitu melalui BPJS Ketenagakerjaan. Meskipun begitu, terkait informasi lebih lanjut, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Kemenaker terkait juknis dan kepastian distribusi bantuan bagi pekerja.

Pemkab Karanganyar saat ini masih berkoordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar terkait hal tersebut.

“Karena tujuannya memang untuk kompensasi pekerja yang terdampak PPKM darurat kemarin. Tapi kami masih menunggu juknisnya dulu dari surat resmi,” imbuh dia.

Baca juga: Bikin Resah, 4 Pelaku Teror Lempar Batu ke Truk Dan Mobil Di Klaten Ditangkap

Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Karanganyar, Gunadi Hery Urando, mengatakan pihaknya siap untuk bekerjasama terkait penyaluran BSU. Namun, dia mengatakan pihaknya masih memastikan informasi dari pemerintah pusat terkait program tersebut. Namun, apabila program tersebut direalisasi, langkah yang dilakukan tidak jauh berbeda dari penyaluran sebelumnya.

“Kami sudah pernah ada pengalaman soal penyaluran BSU sebelumnya. Langkahnya nanti pastinya akan mengkolektif data nomor rekening pekerja dan memfilter sesuai persyaratan yang ditentukan. Tapi sampai saat ini kami masih menunggu kepastian program tersebut. Jangan sampai masyarakat sudah berharap ternyata programnya tidak jadi malah akan menimbulkan kekecewaan dari masyarakat,” beber dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Waduh, Mayoritas Pasar di Sragen Ternyata Rawan Kebakaran

Untuk antisipasi potensi kebakaran, pedagang diimbau lebih berhati-hati dan bila memungkinkan dilakukan simulasi kebakaran pasar.

Percepatan Vaksinasi di Wonogiri Terkendala SDM Vaksinator dan Internet

Joko Sutopo menyiapkan langkah strategis untuk merampungkan vaksinasi sesuai target, seperti penjadwalan ulang, kesiapan SDM vaksinator, data, dan stok vaksin.

Ngeri Lur! Eks Terminal Kartasura Jadi Lokasi Pesta Miras dan Esek-Esek

Lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang mangkrak bertahun-tahun malah disalahgunakan untuk pesta miras dan mangkal PSK.

Pengakuan Pria Sragen Nekat Bakar Mobil Tetangga: Merasa Terganggu

Aaksi nekat bakar mobil tetangga tersebut dilakukan AN secara sadar tanpa melibatkan pihak lain dan tidak berkaitan dengan peristiwa di mana pun.

Asyik! 8 Mobil Listrik Bergaya Klasik Siap Antar Turis Keliling Solo

Pemkot Solo dapat bantuan delapan unit mobil listrik bergaya klasik untuk mengantar wisatawan blusukan tempat wisata di Kota Solo.

PTM di Wonogiri Tunggu Vaksinasi Siswa dan Guru Rampung

Wonogiri akan menggelar PTM jika seluruh murid dan guru selesai divaksinasi dan fasilitas pendukung memenuhi syarat.

Jumlah Petani Muda Makin Banyak

Gerakan menarik kaum muda di Kabupaten Klaten agar mau berkecimpung di dunia pertanian makin masif, salah satunya dilakukan Komunitas Petani Muda Klaten.

Jejak Limbah Ciu Hilang Tersapu Hujan, Kali Samin Sukoharjo Bersih Lagi

Air Kali Samin yang sempat berubah hitam karena tercemar limbah ciu dari sentra industi ciu Mojolaban dan Polokarto, Sukoharjo, kembali bersih.

Rp4 M Insentif Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Karanganyar Belum Dibayar

Anggaran insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 ini akan ditagihkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Karanganyar.

Harga Cabai dan Bawang Putih di Wonogiri Naik Tipis

Cabai merah besar, cabai keriting, rawit hijau, dan hijau besar di Wonogiri naik harga selama beberapa pekan terakhir.

145 Siswa 2 SMP di Sragen Mendadak Dites Antigen, Hasilnya...

Tes swab antigen kepada pelajar SMP dimulai Senin untuk antisipasi munculnya klaster sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM).

171 Siswa-Guru SDN Laweyan No 54 Solo Mendadak Dites Antigen, Ada Apa?

Sebanyak 171 siswa, guru, dan tenaga pendidik SDN Laweyan No 54 mendadak di tes swab antigen pada Senin (27/9/2021).

Hanya 2 Hari, Vaksinasi Covid-19 di 5 Lokasi Solo Ini Dapat Beras 5 Kg

Peserta vaksinasi Covid-19 di lima lokasi Kota Solo yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, mendapat bantuan beras 5 kg.

Lebihi Target, Vaksinasi di Boyolali Capai Lebih 50%

Percepatan vaksinasi terus dilakukan di Boyolali dengan pendekatan cukup agresif melalui tim di masing-masing desa.

6 KDRT Terjadi di Karanganyar, Ada Korban Alami Paksaan Hubungan Seks

Selain kekerasan seksual, dalam periode yang sama di Karanganyar juga terdapat 22 kekerasan terhadap anak yang dilaporkan.