Pertandingan pekan ke-36 antara Liverpool dan Huddersfield Town di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (29/4/2019) dini hari WIB. (Reuters-Andrew Yates)

Solopos.com, LIVERPOOL - Pertandingan pekan terakhir Liga Premier Inggris 2018/2019 dipastikan banyak menyedot perhatian penonton di televisi. Pasalnya, matchweek ke-38 ini akan menjadi penentu gelar juara di kompetisi paling akbar di Negeri Ratu Elizabeth II.

Manchester City dan Liverpool yang hanya terpisah satu poin akan mati-matian menjinakkan musuh mereka masing-masing, demi persaingan ke tangga juara, Minggu (12/5) pukul 21.00 WIB. City bakal melawat ke kandang Brighton & Hove Albion, sementara Liverpool menjamu Wolverhampton Wanderers.

Antusiasme paling tinggi tentu dari pemirsa televisi di Britania Raya, asal Liga Premier. Menurut Dailymail, Sabtu (11/5/2019), diperkirakan sekitar 70 persen populasi di Britania Raya alias United Kingdom (UK) bakal menonton pertarungan penentuan gelar juara Liga Premier Inggris.

Sedangan untuk ukuran pemirsa televisi di seluruh dunia untuk laga-laga matchweek terakhir Liga Premier musin ini belum terprediksi secara detail. Hanya, diperkirakan akan ada lonjakan di beberapa negara. Menariknya, tidak hanya laga Liverpool dan Manchester City yang menarik perhatian.

Ada beberapa faktor kenapa negara-negara tersebut menyiarkan laga yang berbeda. Di Norwegia misalnya, pertandingan Manchester United lebih menarik perhatian karena pelatih tim ini, Ole Gunnar Solkjaer, berasal dari negara tersebut. Sedangkan di Korea Selatan (Korsel), pertandingan Tottenham menarik perhatian lantara diperkuat bintang asal Negeri Gingseng, Son Heung-min.

Di Britania Raya, jumlah penonton televisi diperkirakan naik 9 persen dibandingkan tahun lalu. Sekitar 70 persen populasi warga Britania Raya diperkirakan bakal menyaksikan tayangan lewat Sky, BT Sport, atau BBC.

Ada alasan lain kenapa match week penutup musim ini bisa mengundang antusiasme tinggi. Selain karena penentuan perebutan gelar juara, juga bakal menguak siapa top scorer Liga Premier. Saat ini, striker Liverpool, Mohamed Salah, memimpin dengan 22 gol dalam perebutan Golden Boot. Dia hanya unggul dua gol atas Sadio Mane (Liverpool), Sergio Aguero (Manchester City), dan Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) yang masing-masing mengoleksi 20 gol.

Salah hampir pasti bisa kembali merumput setelah absen ketika Liverpool menjamu Barcelona di Anfield, tengah pekan lalu. "Hari ini, kemarin dan kemarinnya lagi, dia keluar lapangan dan akan kembali berlatih dengan kami," ujar Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, seperti dilansir timesnownews.com.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten