SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Para pengunjung antre di dermaga naik perahu motor yang membawa mereka keliling Waduk Gajah Mungkur (WGM), Selasa (17/5). Selama libur akhir pekan kemarin, objek wisata Sendang Asri WGM ramai dikunjungi wisatawan. (Dok Solopos)

Wonogiri (Solopos.com)–Penyelenggaraan Pekan Syawalan menyambut libur Lebaran 2011 di Objek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (WGM) selama 15 hari sejak 30 Agustus-13 September lalu, mampu menyedot sebanyak 116.708 pengunjung, atau naik sebesar 26% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 92.506 pengunjung.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hal ini memberikan angin segar bagi pengembangan sektor pariwisata di kabupaten berjuluk Kota Gaplek ini, sekaligus bagi peningkatan pendapatan asli daerah. Meskipun diperlukan pula berbagai upaya perbaikan dan peningkatan infrastruktur di objek wisata andalan Wonogiri itu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Objek Wisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Wonogiri, Agus Tri Harimulyanto mengungkapkan banyak faktor yang memicu kenaikan jumlah pengunjung ke WGM pada libur Lebaran kali ini. Di antaranya yang cukup dominan adalah faktor cuaca yang selalu cerah dan musim liburan yang dimulai awal pekan, sehingga waktu untuk berlibur lebih panjang.

“Berbeda dengan tahun lalu, di mana musim liburan dimulai hari Jumat sehingga hanya ada beberapa hari bagi warga maupun pemudik untuk berwisata. Sudah begitu, tahun lalu, hampir setiap hari hujan sehingga waktu untuk berwisata lebih pendek,” jelas Agus, kepada wartawan, Kamis (15/9/2011).

Ditanya pengaruh kehadiran wahana wisata baru, Waterboom Gajah Mungkur, yang mulai dibuka 30 Agustus lalu, Agus mengatakan memang ada sedikit pengaruh tapi tak terlalu signifikan. Kenaikan jumlah pengunjung WGM selama penyelenggaraan <I>Pekan Syawalan<I> kemarin dibandingkan tahun lalu mencapai 24.202 orang. Sedangkan pengunjung Waterboom dalam kurun waktu yang sama hanya 6.000-7.000 orang.

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya