SOLOPOS.COM - Cuaca Ekstrim

Harianjogja.com, JOGJA–Pekan depan diprediksi suhu di DIY akan mulai turun setelah sempat mencapai rekor tertinggi pada Kamis (17/10/2013). Pada saat itu tercatat suhu di DIY mencapai 37 derajat celcius.

Data di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja, Kamis mencatat suhu panas mencapai 37 derajat celcius. Suhu tersebut tercatat pada pukul 12.00 WIB dan termasuk tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau kemarin [Kamis (17/10/2013] memang paling ekstrim. Untuk hari ini sudah turun. Terakhir, Jogja mengalami panas ekstrem pada Oktober 2009, di mana pada saat itu hanya mencapai 35 derajat,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Jogja, Tony Agus Wijaya, Jumat (18/10/2013).

Ekspedisi Mudik 2024

Suhu itu, lanjut dia, diperkirakan terjadi hingga pekan depan. Adapun suhu panas terjadi karena posisi matahari berada tepat di atas wilayah DIY, sejak 14 Oktober lalu. “Nanti setelah ada pergerakan posisi matahari ke arah selatan, pekan depan maka suhu akan mengalami penurunan,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan pada kondisi normal, pihaknya mencatat suhu di DIY mencapai 32 derajat Celcius dengan kelembaban udara 80 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya