SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Seluruh calon Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) untuk 33 kabupaten/kota di Jawa Tengah, Senin (12/11/2012) akan dilantik dan langsung mendapat pembekalan terkait pengawasan, penanganan sengketa, hingga penindakan pelanggaran pemilu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah Abhan Misbah di Semarang, Jumat (9/11/2012) menyebutkan dari seleksi awal 415 pendaftar, sebanyak 193 yang sudah lulus hingga tahap seleksi wawancara karena dua orang tidak dapat hadir setelah menyatakan mengundurkan diri dan absen tanpa alasan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setelah terpilih calon Panwaslu untuk 33 kabupaten dan kota (masing-masing kabupaten/kota tiga orang), Senin pekan depan mereka akan dilantik sekitar pukul 14.00 WIB. Tidak 35 kabupaten/kota, karena di dua kabupaten yakni Banyumas dan Kudus Panwaslunya sudah terbentuk, ,” katanya.

Abhan menambahkan setelah pelantikan, seluruh anggota Panwaslu tersebut sore harinya langsung mendapat pembekalan hingga dua hari.

“Jadi setelah pelantikan Senin pukul 14.00 WIB, pukul 16.00 WIB langsung mendapat pembekalan hingga hari Rabu (14/11/2012),” katanya.

Pembekalan tersebut diharapkan dapat memberikan kesamaan pemahaman kepada seluruh anggota Panwaslu kabupaten/kota dalam melakukan pengawasan Pemilu.

Sejumlah materi pembekalan di antaranya mulai peran dan fungsi Panwaslu dalam meningkatkan kualitas pemilu, kode etik dan etika, penanganan sengketa dan penindakan pelanggaran termasuk yang menyangkut kewenangan dari Polri dan Kejaksaan.

“Kami berharap setelah dilantik dan mendapat pembekalan, mereka dapat langsung bertugas melakukan pengawasan seluruh tahapan pemilu baik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2013 maupun tahapan Pemilu 2014,” demikian Abhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya