SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan perumahan (Burhan Aris Nugraha/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Hingga saat ini Kabupaten Sragen belum menentukan hasil inovasi pertanian yang yang bakal dijadikan andalan pertanian mereka saat Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) awal tahun depan. Namun, kemungkinan besar inovasi pertanian Sragen bakal diwakili produksi Padi Organik di Sambirejo.

Sekretaris KTNA Suwarno, Minggu (27/10/2013), mengatakan hingga saat ini panitia daerah memang belum memutuskan inovasi pertanian mana yang bakal dijadikan andalan Kabupaten Sragen. Namun, besar kemungkinan inovasi pertanian yang bakal dijadikan sebagai icon Sragen ialah padi organik, meskipun ia mengakui pertanian di Sragen banyak menghasilkan inovasi lain yang juga lebih bagus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya, produksi padi organik di Sragen memang lebih matang dan sudah dikenal banyak orang. Inovasi pertanian itu bakal dikompetisikan dalam Peda KTNA untuk bersaing dengan puluhan peserta lainnya se-Jawa Tengah.

Suwarno menambahkan, mengenai inovasi pertanian tersebut kemungkinan besar bakal ditentukan setelah panitia melakukan Pra-Peda akhir bulan ini. Pasalnya, panitia memang tengah disibukkan dengan sejumlah kegiatan sebelum Peda yang akan digelar selama dua hari di Balai Latihan Kerja (BLK) Sragen nanti. Kegiatan tersebut mengundang puluhan orang yang dari perwakilan semua kabupaten kota di Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Ketua KTNA Sragen, Suratno, menambahkan selain kompetisi dan diskusi, Peda 2014 mendatang juga bakal diisi dengan pameran potensi daerah. Ia berharap semua kecamatan di Kabupaten Sragen memanfaatkan pameran tersebut untuk mengenalkan produk lokal masing-masing daerah sehingga Sragen lebih dikenal oleh masyarakat yang lebih luas.

Pasalnya, Peda nanti bakal dihadiri ribuan orang termasuk pejabat penting di lingkup Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian. “Saya harapkan Kabupaten Sragen memanfaatkan moment ini dengan baik. Setiap kecamatan bisa memanfaatkan produk andalan mereka,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya