Pekalongan & Batang Banjir, Warga Diungsikan BPBD

Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Minggu (26/1/2020), mengevakuasi warga korban banjir yang jumlahnya mencapai ratusan orang.

 Tim Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan mengevakuasi warga korban banjir, Minggu (26/1/2020). (Antara-Humas BPBD Kota Pekalongan)

SOLOPOS.COM - Tim Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan mengevakuasi warga korban banjir, Minggu (26/1/2020). (Antara-Humas BPBD Kota Pekalongan)

Solopos.com, PEKALONGAN — Hujan deras disertai angin kencang, sejak Sabtu (25/1/2020) malam hingga Minggu (26/1/2020), melanda Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Buntutnya, kedua wilayah itu pun kebanjiran sehingga warga harus diungsikan.

Berdasar data yang dihimpun Kantor Berita Antara di Pekalongan, Minggu, beberapa wilayah yang kebanjiran antara lain Kelurahan Sampangan, Kauman Ledok, Krapyak, kawasan Sungai Banger Setono, Kali Loji, dan Bugisan. Warga korban banjir yang dievakuasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan sudah mencapai ratusan orang.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Mereka antara lain tersebar di sejumlah pos pengungsian. Di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) antara lain mengungsi 50 jiwa warga korban banjir. Sedangkan di Masjid An Nikmah tercatat ada 75 orang, di Kuripan Lor (100), Musala Pesindon (25), dan Sekolah Dasar Baitussalam Pesindon (45).

Saat ini, Dinas Sosial Kota Pekalongan juga mendirikan dapur umum untuk membantu para korban itu. Sedangkan tim search and rescue (SAR) selain terus menyisir wilayah bencana juga membersihkan sisa material yang diakibatkan oleh banjir yang mencapai ketinggian 10 cm hingga 60 cm itu.

Personel BPBD Kota Pekalongan, Dimas, mengatakan BPBD telah berkoordinasi dengan camat dan lurah untuk melakukan pendataan kebutuhan logistik maupun korban terdampak banjir. “Saat ini, kami telah mendirikan dapur umum. Kendati demikian, seiring menyusut banjir, Minggu siang ini para korban sudah kembali ke rumahnya masing-masing, jumlah korban yang dievakuasi jumlahnya fluktuatif,” katanya.

Adapun banjir yang melanda Kabupaten Batang, pada Sabtu malam hingga Minggu pagi sempat mengakibatkan jalur pantai utara (pantura) Kecamatan Tulis atau tepatnya depan Mapolsek Tulis tergenang banjir hingga mencapai ketinggian sekitar 50 cm. Dampaknya, arus kendaraan baik dari arah timur (Semarang) maupun barat (Pekalongan) sempat macet karena kendaraan kecil yang sudah terjebak ke dalam lokasi banjir berhenti karena arus banjir sangat deras.

Untuk mengurai kemacetan, jajaran Polres Batang yang dipimpin Kapolres Batang AKBP Abdul Waras menerjunkan sejumlah personel.

Kepala BPBD Kabupaten Batang Ulul Azmi mengatakan meski dilanda banjir, hingga kini belum ada laporan warga mengungsi karena luapan air tidak terlalu tinggi. “Kami hanya mengevakuasi para korban ke tempat saudaranya. Namun, saat ini banjir sudah surut dan belum ada warga yang mengungsi,” demikian Ulul Azmi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Si Baja, Animasi Belajar Budaya Jawa Karya ISI Jogja Dikenalkan di Salatiga

      Film animasi Si Baja mendapat dukungan Program Matching Found Vokasi Kedaireka Kemendikbudristek.

      Simak! Ini Skenario Rekayasa Lalu Lintas saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Begini rekayasa lalu lintas yang disusun Polda DIY saat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta.

      UMK Kota Semarang Tertinggi di Jateng, Begini Reaksi Buruh

      Serikat pekerja atau buruh yang tergabung dalam KSPN Jateng menilai kenaikan UMK di Kota Semarang tahun 2023 belum sesuai dengan kebutuhan hidup layak (KHL).

      Pasar Ngaliyan Kota Semarang Kebakaran, 10 Kios Hangus

      Kebakaran melanda Pasar Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (8/12/2022) sore dan menghanguskan sejumlah kios.

      Ganjar Sebut Kerja di KIK Gaji di Atas UMK Kendal

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyebut gaji karyawan yang bekerja di Kawasan Industri Kendal atau KIK lebih besar dari UMK Kendal.

      Imbas Kecelakaan Bus di Sarangan, Pemilik Bus Wisata Mulai Sulit Cari Pelanggan

      Pelaku jasa perjalanan wisata mengeluhkan adanya kekhawatiran masyarakat untuk menggunakan bus pariwisata imbas kecelakaan maut di Sarangan.

      Suap Dosen UIN Walisongo, 8 Kades di Demak Duduk di Kursi Pesakitan

      Sebanyak delapan kades di Demak, Jateng, menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang atas kasus dugaan suap kepada dosen UIN Walisongo Semarang.

      Kenaikan UMK 2023 di Semarang Tertinggi se-Jateng, Capai Rp225.327

      Kenaikan UMK tertinggi di Jawa Tengah atau Jateng untuk tahun 2023 berada di Kota Semarang, yakni sekitar 7,95% atau Rp225.327,49.

      Dies Natalis ke-63, FH UKSW Ajak Bekerja Bersama Satu Keluarga

      FH UKSW meraih akreditasi A menuju unggul adalah pekerjaan bersama.

      Penampilan Pianis Belanda Yang Yang Cai Pukau Penonton di UKSW

      Alunan musik yang begitu indah selama kurang lebih 90 menit membuat penonton yang antusias selama mengikuti konser. Bahkan memberikan standing ovation di penghujung konser.

      Hadapi Resesi, Pj Wali Kota Salatiga: Birokrasi Harus Mudah, Cepat, dan Murah

      Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi mengatakan bahwa harus siap dengan potensi yang ada apabila terjadi resesi global, kesuraman, dan lain sebagainya.

      UMK Jateng 2023 Ditetapkan, Semarang Tertinggi, Banjarnegara Terendah

      UMK 2023 pada 35 kabupaten/kota di Jateng telah diumumkan pada Rabu (7/12/2022), di mana Kota Semarang tertinggi, sedangkan terendah adalah Banjarnegara.

      Sudah Ditetapkan! Ini Daftar UMK 2023 pada 35 Kabupaten/Kota di Jateng

      Berikut daftar lengkap besaran UMK 2023 pada 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng).

      Belasan Sesar Aktif Penyebab Gempa Melintang di Jawa Tengah

      Seluruh wilayah di Jawa Tengah berpotensi terjadi gempa, lantaran terdapat 13 sesar aktif yang bisa memunculkan gempa daratan.

      Dinusfest 2023 bakal Digelar Luring, Hadiah Beasiswa Kuliah di Udinus Menanti

      Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang berencana kembali menggelar Dinusfest secara luring pada awal 2023 nanti.