SOLOPOS.COM - Ilustrasi diet. (freepik)

Solopos.com, SOLO — Bisa memiliki tubuh ideal dan terhindar dari ancaman penyakit karena mengalami kegemukan, tentu menjadi idaman semua orang.

Namun terkadang, ada kebiasaan-kebiasaan tidak bagus yang bisa merusak impian tersebut. Salah satunya adalah makan menjelang waktu tidur malam.

Dokter spesialis gizi klinis RS JIH Solo, dr. Indrawati Sp. GK, mengatakan jadwal makan perlu diperhatikan saat diet. Terlebih ketika menjelang waktu tidur atau saat malam hari.

“Sempat saya mendapat cerita dari salah satu pasien, bahwa ketika dia makan malam, ternyata tidak menambah berat badannya. Tapi ternyata dia saat pagi dan siang makannya sangat sedikit,” kata dia dalam Health Talk Rumah Sakit (RS) JIH dengan tema Gagal Diet? Apa Sih Penyebabnya? belum lama ini.

Namun dia mengingatkan ketika asupan makan pagi dan siang hari sudah terpenuhi, ada baiknya menghindari makan malam hari atau menjelang waktu tidur.

Baca Juga: Butuh Kesabaran untuk Diet, Begini Saran Ahli Gizi

Dokter spesialis gizi klinis RS JIH Solo, dr. Indrawati Sp. GK. (Tangkapan Layar Youtube)
Dokter spesialis gizi klinis RS JIH Solo, dr. Indrawati Sp. GK. (Tangkapan Layar Youtube)

“Sebab [kalau menjelang waktu tidur] sangat mungkin apa yang dimakan akan ditimbun menjadi lemak. Untuk itu makan maksimal dua jam sebelum tidur, sebab kalau terlalu dekat waktu tidur, makanan yang dikonsumsi tidak digunakan [untuk aktivitas apapun], sehingga akan ditimbun menjadi lemak,” lanjut dia.

Di sisi lain dia pun menekankan pentingnya komitmen dan kesabaran dalam menjalani diet. Sebab diet bukan untuk jangka pendek dengan hasil instan, namun butuh proses. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat yang menjalani diet, namun merasa belum menemukan hasil signifikan, untuk tetap bersabar dan melihat progresnya.

“Kadang orang merasa tidak turun berat badannya. Harus dilihat progresnya, ternyata lingkar perutnya mengecil, itu justru bagus. Artinya sudah terjadi pembakaran lemak,” kata dia.

Baca Juga: Talkshow Kesehatan RS JIH Solo Mengulas Pentingnya Medical Check Up

Kemudian dalam melakukan penimbangan berat badan, juga harus memperhatikan beberapa faktor. Ada baiknya penimbangan berat badan dilakukan saat pagi hari sebelum memulai aktivitas, serta dengan mengenakan pakaian yang tidak berat.

“Kadang menimbang badan itu hasilnya dipengaruhi banyak faktor. Kita lihat dulu, apakah belum BAB [buang air besar], atau habis makan, atau bajunya [berat]. Maka kita sarankan untuk penimbangan berat badan di waktu yang sama. Lebih baik waktu pagi sebelum memulai aktivitas, saat mengevaluasi juga di waktu yang sama,” kata dia.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya