Pejabat Eselon II di Wonogiri Bakal Dimutasi

Pejabat Eselon II di Wonogiri Bakal Dimutasi

SOLOPOS.COM - Pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II mengikuti sosialisasi seleksi mutasi pejabat di Ruang Graha Personalia Setda Wonogiri, Jumat (23/2/2018). (Rudi Hartono/JIBI/Solopos)

Bupati Wonogiri memutasi para pejabat eselon II.

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri menggelar seleksi mutasi pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II, mulai pekan ini. Hasil seleksi tersebut akan menjadi bahan pertimbangan Bupati Joko Sutopo dalam memutasi.

Seleksi dilaksanakan panitia seleksi (pansel) yang dibentuk berdasar Surat Keputusan (SK) Bupati No. 82/2018 tertanggal 22 Februari 2018. Pansel terdiri atas Anwar Hamdani sebagai ketua, Suharno yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai sekretaris, dan tiga anggota meliputi Wiyoso, Siti Fatonah, dan Tuhana.

Mereka merupakan akademisi, praktisi, birokrat, dan tokoh masyarakat. Sebagai langkah awal pansel menggelar sosialisasi program tersebut kepada puluhan pejabat eselon II di Ruang Graha Personalia Sekretariat Daerah (Setda), Jumat (23/2/2018). Untuk diketahui pejabat eselon II setingkat kepala dinas, kepala badan, dan asisten Sekda.

Ketua pansel, Anwar Hamdani, saat ditemui seusai sosialisasi mengatakan mutasi pejabat eselon II dilakukan terhadap pejabat yang sudah menjabat lebih dari dua tahun. Hal itu lumrah terjadi karena sudah diatur dalam UU No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut dia tidak semua pejabat pimpinan tinggi pratama yang mengikuti seleksi akan dimutasi. Tidak menutup kemungkinan ada pejabat yang tetap menjabat di posisinya yang sekarang meski sudah mengabdirikan diri selama lebih dari lima tahun, bahkan lebih. Alasannya, kinerja pejabat bersangkutan dinilai baik, sehingga masih dibutuhkan untuk menjalankan tugas di posisinya.

“Contohnya di Solo, ada kepala dinas yang sudah menjabat 11 tahun tapi tidak dimutasi karena kinerjanya baik dan masih dibutuhkan. Kemungkinan lainnya akan ada pejabat yang dimutasi sesuai kompetensinya,” kata Anwar.

Pejabat yang mengikuti seleksi diwajibkan membuat makalah tentang capaian kinerja selama menjabat. Setelah itu mereka harus mengikuti tes wawancara. Seleksi ditargetkan selesai pertengahan Maret mendatang. Hasil seleksi beserta rekomendasi pansel akan diserahkan kepada Bupati.

Selain itu juga akan dimintakan persetujuan Komisi ASN (KASN). Surat keputusan KASN akan dijadikan pertimbangan Bupati yang akan mengambil kebijakan mutasi pejabat.

“Memang keputusan akhir ada di tangan Bupati. Tapi saya yakin 90 persen rekomendasi pansel akan dijadikan rujukan Bupati,” imbuh Anwar.

Sekda Wonogiri, Suharno, menginformasikan seleksi diikuti 24 pejabat dari total 32 pejabat eselon II di Wonogiri. Delapan pejabat tidak mengikuti karena tujuh orang akan pensiun tahun ini dan satu orang lainnya baru menjabat beberapa bulan. Dari 24 pejabat itu 14 orang menjabat lebih dari dua tahun dan 10 orang menjabat lebih dari lima tahun.

Menurut dia mutasi pimpinan tinggi pratama dengan mekanisme seleksi dilaksanakan sebagai amanah PP No. 11/2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dia berharap seleksi ini akan menghasilkan pejabat yang profesional dan berkompeten di bidangnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.

Wuih! Ada Wahana Baru di Gunung Pegat Sukoharjo Loh

Gunung Pegat Sukoharjo kini dilengkapi sejumlah wahana baru.

Korban Tewas Karena Jebakan Tikus Di Sragen Tembus 17 Orang, Ini Daftarnya!

Korban meninggal dunia akibat tersengat jebakan tikus beraliran listrik terus berjatuhan di Kabupaten Sragen.

H+1 Lebaran, Pengunjung Wisata Air di Klaten Sepi

Disparbudpora Klaten memprediksi puncak kunjungan ke objek wisata air di Kabupaten Bersinar berlangsung, Sabtu (15/5/2021).

Inilah Tanda-Tanda Ban Sepeda Motor Harus Diganti

Rider sepeda motor wajib mengetahui kondisi ban saat berkendara karena ban menjadi salah satu komponen inti yang memberikan jaminan keselamatan.  

Gempa M 7,2 Guncang Nias

Gempa Bumi bermagnitudo (M) 7,2 mengguncang Nias Barat, Sumatra Utara, Jumat (14/5/2021)