SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

WONOGIRI–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri melakukan banyak hal untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Salah satunya, dilakukan dengan menggendeng kalangan pegiat kesenian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pegiat kesenian dimaksud berasal dari para pemain ketoprak, ludruk, hingga dalang. Para pegiat kesenian tersebut bergabung dalam Forum Komunikasi Media Tradisional (FKMT) yang pembentukannya ditetapkan Rabu (28/11/2012).

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informatika, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Wonogiri, Joko Irianto, kepada Solopos.com, Kamis (29/11/2012), mengungkapkan FKMT diharapkan menjadi salah satu “corong” Pemkab untuk menyampaikan informasi ke masyarakat.

“Selama ini, penyampaian informasi masih memakai cara standar, pengumuman, sosialisasi dan lain-lain. Ini kami coba cara baru dengan kesenian. Semoga bisa lebih diterima,” terang Joko.

Kepala Seksi (Kasi) Pos dan Telekomunikasi Dishubkominfo, Tarjo, saat ditemui di sela-sela pelantikan FKMT, Rabu, meyakini penyampaian informasi melalui pertunjukan kesenian bisa lebih mengena ketimbang pengumuman resmi.

Sebagai contoh, dia menerangkan agar program keluarga berencana (KB) bisa diterima masyarakat bukan sebagai beban, maka pesan ber-KB disisipkan dalam lakon ketoprak. Atau, sambungnya, bisa pula informasi tersebut disampaikan saat jeda pertunjukan ketoprak.

FKMT Wonogiri sendiri dipimpin Suparno. Tokoh kesenian yang juga ketua Lembaga Kesenian Media Tradisional (LKMT) Pariwara Jatisrono ini menyatakan kesediaannya untuk bersama Pemkab menyampaikan pesan-pesan dan informasi penting kepada masyarakat. Di hadapan anggota FKMT, jajaran Dishubkominfo dan sejumlah undangan, Suparno mengungkapkan akan total mendukung program Pemkab melalui setiap pertunjukan kesenian di Wonogiri.

Dia juga berharap Pemkab memberi dukungan dan menjalin komunikasi dua arah dengan FKMT yang baru saja dibentuk. “Kami pasti mendukung total semua program-program pemerintah. Nanti di setiap pertunjukan akan kami sisipkan informasi-informasi Pemkab,” janji Suparno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya