Kategori: Jateng

Peduli Tenaga Medis, 14 Paguyuban AHASS di Jateng Berbagi APD

Oleh: Solopos.com/Ginanjar Saputra

Solopos.com, SEMARANG — Bengkel resmi sepeda motor Honda, AHASS, di Jawa Tengah bersama-sama mengumpulkan donasi yang disalurkan kepada tenaga kesehatan sebagai pasukan garda depan dalam pandemi Covid-19 dengan. Sejumlah bengkel itu mengatasnamakan diri sebagai Paguyuban AHASS.

Donasi lebih dari Rp71 juta dikumpulkan oleh 14 paguyuban AHASS di masing-masing daerah yang dikoordinir di tingkat kota dan kabupaten dalam kegiatan bernama AHASS Peduli Tenaga Medis. Bantuan diserahkan ke rumah sakit dan puskesmas di daerah masing-masing yang dilakukan secara bertahap mulai dari akhir April hingga bulan Mei ini.

Paguyuban AHASS yang tergabung dalam kegiatan ini meliputi Paguyuban AHASS Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, Soloraya, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Grobogan, Kota & Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kota & Kabupaten Tegal, serta Kabupaten Brebes.

Jenis Bantuan

Jenis bantuan yang disalurkan dalam kegiatan AHASS Peduli Tenaga Medis ini adalah paket alat pelindung diri (APD) lengkap yang terdiri atas baju hazmat, shoe cover, face shield; hand sanitizer; vitamin; susu; masker; dan parsel sembako untuk tenaga kesehatan.

Technical Service Manager Astra Motor Jateng, Visiawan Andhika, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian AHASS bagi tenaga kesehatan dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 ini.

"Kegiatan ini diinisiasi secara mandiri oleh paguyuban-paguyuban AHASS, mulai dari pengumpulan donasi, pembelian barang-barang donasi, dan pemilihan lokasi penyerahan donasi. Tidak lupa, kami berpesan kepada seluruh AHASS untuk menaati protokol kesehatan dan kebersihan dengan memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain dalam proses penyerahan donasi tersebut," ujar Visiawan.

Masing-masing paguyuban memutuskan sendiri ke mana donasi untuk tenaga kesehatan ini diberikan. Kebanyakan dari mereka memberikannya ke rumah sakit, namun juga ada yang ke puskesmas.

Sasaran Bantuan

Adapun donasi ini disalurkan ke Puskesmas Poncol, Puskesmas Miroto, Puskesmas Halmahera, Puskesmas Demak 1, Puskesmas Mranggen 1, RSUD Sragen, RS. Bagas Waras Klaten, RS Brayat Solo, RSUD Karanganyar, RSUD Pandan Arang Boyolali, RS UNS Pabelan, RS Ir Soekarno, RSUD dr Soedirman MS, RSUD dr R Soedjati Purwodadi, RSUD Kraton Pekalongan, RSUD dr M Ashari Pemalang, RSUD Kardinah Tegal, dan RSUD Brebes.

Kepala Bengkel AHASS Handayani Semarang, Muhammad Yusuf, menerangkan bahwa dalam kondisi saat ini, tenaga kesehatan mengambil peran yang sangat penting dalam memerangi virus Covid-19.

"Donasi ini disalurkan untuk tenaga kesehatan karena kami percaya bahwa kalau mereka terjamin kesehatan dan keselamatannya, akan semakin banyak pasien yang sembuh karena mereka rawat. Selebihnya, kami selalu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak serta menjaga kesehatan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kerja keras tenaga kesehatan," jelas Yusuf.

Share
Dipublikasikan oleh
Ginanjar Saputra

Berita Terkini

10 BUMN Penyumpang Duit Dividen Terbesar ke Negara, Siapa Juaranya?

Solopos.com, JAKARTA -- Sepuluh BUMN atau badan usaha milik negara menjadi penyumbang duit terbesar ke…

4 menit lalu

Solopos Hari Ini: Klaster Solo Menyebar

Solopos.com, SOLO – Kasus pasien Covid-19 penjual tahu kupat menjadi klaster baru di Kota Solo.…

20 menit lalu

Rawan Pencurian Sepeda di Solo, Polisi: Tambahkan Alat Pengaman!

Solopos.com, SOLO -- Tren bersepeda yang kini booming di masyarakat termasuk di Kota Solo menimbulkan…

24 menit lalu

Rekomendasi Saham 15 Juli, Simak 15 Saham Pilihan Analis Ini

Solopos.com, JAKARTA -- Dua analis memberikan rekomendasi saham 15 Juli untuk 15 saham pilihan dari…

34 menit lalu

Berasa Kena Prank, Begini di Balik Layar Adegan Ranjang Film Esek-Esek

Solopos.com, SOLO - Sebuah potongan video di balik layar proses syuting film esek-esek beredar di…

45 menit lalu

Kasus Positif Covid-19 Tembus 120 Orang, Sukoharjo Masuk Zona Apa?

Solopos.com, SUKOHARJO -- Meski mencatatkan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 paling banyak di Soloraya, yakni…

1 jam lalu