SOLOPOS.COM - Pemberian bantuan APD dan lainnya dari Paguyuban AHASS di Jateng kepada tenaga kesehatan. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Bengkel resmi sepeda motor Honda, AHASS, di Jawa Tengah bersama-sama mengumpulkan donasi yang disalurkan kepada tenaga kesehatan sebagai pasukan garda depan dalam pandemi Covid-19 dengan. Sejumlah bengkel itu mengatasnamakan diri sebagai Paguyuban AHASS.

Donasi lebih dari Rp71 juta dikumpulkan oleh 14 paguyuban AHASS di masing-masing daerah yang dikoordinir di tingkat kota dan kabupaten dalam kegiatan bernama AHASS Peduli Tenaga Medis. Bantuan diserahkan ke rumah sakit dan puskesmas di daerah masing-masing yang dilakukan secara bertahap mulai dari akhir April hingga bulan Mei ini.

Promosi Digitalisasi Berbasis Ekosistem Meningkatkan Daya Saing dan Adaptasi Pasar

Paguyuban AHASS yang tergabung dalam kegiatan ini meliputi Paguyuban AHASS Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Sragen, Kabupaten Klaten, Soloraya, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Grobogan, Kota & Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kota & Kabupaten Tegal, serta Kabupaten Brebes.

Jenis Bantuan

Jenis bantuan yang disalurkan dalam kegiatan AHASS Peduli Tenaga Medis ini adalah paket alat pelindung diri (APD) lengkap yang terdiri atas baju hazmat, shoe cover, face shield; hand sanitizer; vitamin; susu; masker; dan parsel sembako untuk tenaga kesehatan.

Technical Service Manager Astra Motor Jateng, Visiawan Andhika, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian AHASS bagi tenaga kesehatan dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 ini.

"Kegiatan ini diinisiasi secara mandiri oleh paguyuban-paguyuban AHASS, mulai dari pengumpulan donasi, pembelian barang-barang donasi, dan pemilihan lokasi penyerahan donasi. Tidak lupa, kami berpesan kepada seluruh AHASS untuk menaati protokol kesehatan dan kebersihan dengan memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain dalam proses penyerahan donasi tersebut," ujar Visiawan.

Masing-masing paguyuban memutuskan sendiri ke mana donasi untuk tenaga kesehatan ini diberikan. Kebanyakan dari mereka memberikannya ke rumah sakit, namun juga ada yang ke puskesmas.

Sasaran Bantuan

Adapun donasi ini disalurkan ke Puskesmas Poncol, Puskesmas Miroto, Puskesmas Halmahera, Puskesmas Demak 1, Puskesmas Mranggen 1, RSUD Sragen, RS. Bagas Waras Klaten, RS Brayat Solo, RSUD Karanganyar, RSUD Pandan Arang Boyolali, RS UNS Pabelan, RS Ir Soekarno, RSUD dr Soedirman MS, RSUD dr R Soedjati Purwodadi, RSUD Kraton Pekalongan, RSUD dr M Ashari Pemalang, RSUD Kardinah Tegal, dan RSUD Brebes.

Kepala Bengkel AHASS Handayani Semarang, Muhammad Yusuf, menerangkan bahwa dalam kondisi saat ini, tenaga kesehatan mengambil peran yang sangat penting dalam memerangi virus Covid-19.

"Donasi ini disalurkan untuk tenaga kesehatan karena kami percaya bahwa kalau mereka terjamin kesehatan dan keselamatannya, akan semakin banyak pasien yang sembuh karena mereka rawat. Selebihnya, kami selalu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak serta menjaga kesehatan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kerja keras tenaga kesehatan," jelas Yusuf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya