SOLOPOS.COM - Jemaah melaksanakan Salat Gaib di halaman Kantor Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Senin (11/9/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Penggalangan dana untuk membantu Rohingya dilakukan di berbagai wilayah.

Solopos.com, KARANGANYAR — Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompinca) Colomadu, Karanganyar, berhasil meraup donasi Rp12,8 juta untuk korban tragedi kemanusiaan di Myanmar yakni Rohingya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penggalangan dana di halaman Kantor Kecamatan Colomadu dan perempatan Mapolsek Colomadu ini dilakukan seusai Salat Gaib di halaman kantor kecamatan, Senin (11/9/2017).

“Uang hasil penggalangan dana ini nanti akan kami setor ke kabupaten. Karena nanti pihak kabupaten yang akan meneruskan uang hasil penggalangan dana ini ke yang berhak,” ujar Camat Colomadu, Yophy Eko Jatiwibowo, ketika ditemui seusai Salat Gaib.

Menurut dia Salat Gaib dan penggalangan dana ini dilakukan berdasar imbauan dan surat edaran Bupati Karanganyar, Juliyatmono, agar pelaksanaan berjalan tertib. Karena akhir-akhir ini dinilai marak aksi dukungan terhadap umat muslim Rohingya di Myanmar pihaknya mengakomodasi keinginan warga tersebut.

Sementara itu salah seorang warga yang ikut salat Gaib di halaman Kantor Kecamatan Colomadu, Wiyono, 27, menyambut baik acara tersebut. “Kebetulan saya tadi mau pajak kendaraan di kantor kecamatan. Karena ada Salat Gaib saya langsung ikut bergabung dengan jamaah lainnya,” ujar dia.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Pemuda Colomadu (FKPC), Sigit Suroto mengatakan dana yang terkumpul Rp12,8 juta dari berbagai sumber. Di antaranya berasal dari para jamaah salat Gaib di halaman kantor kecamatan, warga yang membayar pajak kendaraan di halaman kantor kecamatan, dari perempatan Mapolsek Colomadu, SMPN 2 Colomadu dan sebagainya.

“Kami tentu bersyukur dalam tempo kira-kira dua jam sampai saat ini mendapat Rp12,8 juta. Uang ini segera kami kirimkan ke kabupaten agar disalurkan ke yang berhak,” kata dia.

Sementara itu suasana Salat Gaib dengan imam Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Colomadu, Achmad Hafidin, berlangsung khidmad. Beberapa anggota jemaah menitikkan air mata saat pimpinan Pondok Pesantren Al Mubarok, Klodran, ini membacakan doa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya