Peduli, Polres Klaten Bedah Rumah Warga di Karanganom

Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

 Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta (paling kanan), memberikan bantuan ke warga tak mampu di Kunden, Kecamatan Karanganom, Jumat (28/1/2022). (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta (paling kanan), memberikan bantuan ke warga tak mampu di Kunden, Kecamatan Karanganom, Jumat (28/1/2022). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN—Jajaran Polres Klaten merampungkan kegiatan bedah rumah milik Surati, warga Mertan, Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Jumat (28/1/2022). Kegiatan bedah rumah itu dilakukan bersama Kodim Klaten, Pemerintah Desa (Pemdes) Kunden, sukarelawan, dan elemen warga lainnya di Karanganom dan sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kondisi rumah Surati sebelum dibedah dinilai sangat tidak layak. Atap rumah dalam kondisi lapuk karena dimakan rayap. Saat berlangsung hujan, rumah milik Surati bocor. Tembok rumah juga belum diplester.

PromosiSosok Low Profile di Balik Kesuksesan Nike sebagai Brand Olahraga Dunia

Bedah rumah milik Surati dimulai sejak, 23 Desember 2021. Bedah rumah dilakukan dengan menggandeng Kodim Klaten, Pemdes Kunden, Santri Nekat Klaten, Sukarelawan Karanganom Peduli.

Baca Juga: Kakak Adik Lumpuh di Bayat, Kapolres Klaten Beri Santunan & Kursi Roda

Selama kurang lebih satu bulan, aparat keamanan dan sukarelawan bahu-membahu memperbaiki rumah milik Surati. Hal itu seperti pebaikan atap rumah, memperkukuh tembok rumah, dan memasang keramik di dalam rumah.

Lantaran kegiatan bedah rumah sudah rampung, jajaran Polres Klaten memberikan bantuan perabot rumah tangga ke Surati. Bantuan itu, seperti bantal, selimut, kasur, dan lainnya. Bantuan secara simbolis diserahkan Wakapolres Klaten, Kompol Sumiarta.

“Kami memberikan bantuan ke Ibu Surati yang saat itu rumahnya tergolong kurang layak huni. Tapi sekarang, sudah jadi dan dilengkapi dengan tempat tidur juga,” kata Kompol Sumiarta, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo, saat ditemui wartawan di Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Beri Bantuan Penyandang Disabilitas Basin, Kapolres Klaten: Semangat!

Hal senada dijelaskan Kasihumas Polres Klaten, Iptu Abdilah, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo. Pemberian bantuan ke warga Kunden, Kecamatan Karanganom sebagai wujud kepedulian aparat keamanan ke warga kurang mampu di Klaten.

“Ini menjadi kegiatan sosial dari Polres Klaten. Sebelum diperbaiki, kondisi rumah sangat mengkhawatirkan. Bocor sana-sini saat hujan. Saat ada angin, khawatir roboh juga,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Kunden, Kecamatan Karanganom, Sri Hadi, mengatakan kondisi Surati yang menjadi salah seorang warganya sangat layak memperoleh bantuan. Terlebih, Surati juga masih tanggungan membesarkan tiga anak di tengah keterbatasannya. “Berkat sinergitas seluruh pihak, terutama Polres Klaten. Akhirnya, rumah ini sudah layak huni dan bisa ditempati,” katanya.

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan, 570 Anggota Polres Klaten Disuntik Vaksin Booster

Surati selaku pemilik rumah mengaku bersyukur dan berterima kasih karena rumahnya sudah diperbaiki. Sehari-harinya, Surati bekerja sebagai seorang pekerja lepas di sebuah laundry.

Surati memiliki tiga anak, masing-masing duduk di bangku kelas VI SD, kelas II SD, dan masih bawah lima tahun (Balita). Berbekal bantuan seluruh pihak yang terlibat dalam bedah rumah itu, Surati mampu mewujudkan impiannya untuk memperbaiki rumahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan semua pihak yang memperbaiki rumah saya. Alhamdulilah, rumah saya sekarang sudah dapat digunakan lagi,” kata Surati.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Ini Politikus PDIP yang Berpotensi Gantikan Sukamto di DPRD Sragen

Naniek Budhi Darmawati berpotensi jadi anggota DPRD Sragen menggantikan Sukamto yang meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022).

BPS Wonogiri Adakan Sensus Penduduk Lanjutan, untuk Apa?

Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

Sumeni, Mata-Mata Sragen Legendaris Penakluk Tentara Belanda

Indonesia memiliki salah satu mata-mata legendaris semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sumeni salah satunya. Ia dikenal dengan kehebatannya "menaklukkan" tentara Belanda di Sragen.

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.

Apakah Onggo-Inggi yang Muncul di Jembatan Jurug Solo Masih Ada?

Mitosnya masih terkenal hingga sekarang, apakah sosok Onggo-Inggi yang muncul di Jembatan Jurug dan Sungai Bengawan Solo masih ada?

Letusan Gunung Lawu Sampai Wonogiri, Belah Aliran Bengawan Solo Purba

Dampak vulkanik letusan Gunung Lawu purba diduga sampai ke Kawasan Baturetno, Wonogiri yang mengakibatkan terbelahnya aliran Sungai Bengawan Solo yang melintasi daerah tersebut pada masa itu.