SOLOPOS.COM - Mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta memberikan donasi dalam aksi "Peduli Kista, Save Yulia Wijayanti" pada Rabu (11/3/2015). Aksi ini digelar sebagai bentuk kepedulian mahasiswa FIK UMS terhadap seorang pengidap kista, Yulia Wijayanti. (Okkie Pritha Cahyani/JIBI/Solopos)

Peduli penyakit kista, mahasiswa FIK UMS menggelar penggalangan dana.

Solopos.com, SUKOHARJO – Mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (FIK UMS) menggelar aksi penggalangan dana untuk Yulia Wijayanti, seorang pengidap kista yang beralamat di Desa Keputren RT 002/RW 008, Kelurahan Kartasura, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ketika Solopos.com mendatangi lokasi, beberapa mahasiswa memakai jas almamater UMS berwarna biru sambil membawa kardus bekas air minuman kemasan. Pada bagian depan kardus terdapat kertas potongan berita dari Harian Umum Solopos edisi Sabtu (7/3/2015) yang berisi tentang kisah Yulia Wijayanti, 30, yang mengidap penyakit kista sejak 2011. Yulia tinggal bersama ayahnya, Handono, 73, di sebuah kamar indekos berukuran 3 meter x 4 meter.

Handono adalah seorang pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) yang berpenghasilan Rp1,5 juta setiap bulannya. Dari penghasilan tersebut, ia harus menyisihkan Rp400.000 untuk biaya indekosnya. Keadaan ini membuat Handono terpaksa membawa Yulia ke berbagai pengobatan alternatif, karena ia tidak memiliki uang yang cukup untuk membawa Yulia ke rumah sakit. Padahal sejak awal Yulia mengidap kista, dokter sudah menyarankan agar Yulia dioperasi.

Keadaan Yulia dan Handono ini menggerakkan hati mahasiswa UMS yang tergabung dalam Keluarga FIK UMS. Mereka menggelar aksi penggalangan dana untuk membantu Yulia agar bisa dioperasi. Aksi “Peduli Kista, Save Yulia Wijayanti” ini dimulai pada Rabu (11/3/2015) sampai dengan Selasa (10/3/2015).

Kepala Departemen Sosial Mahasiswa FIK UMS, Wahyu Saputra, 21, mengatakan selain untuk menolong Yulia, aksi ini juga sebagai pencerdasan kepada mahasiswa dan masyarakat tentang penyakit kista.

“Nanti kita juga akan memberikan pamflet mengenai bahaya kista dan cara mencegahnya kepada mahasiswa dan juga masyarakat umum,” ujarnya saat ditemui di sela-sela aksi.

Tak hanya di kampus FIK UMS saja, rencananya aksi penggalangan dana ini juga akan dilakukan Keluarga FIK UMS di seluruh kampus UMS serta di pertigaan jalan dekat UMS. Aksi penggalangan yang dimulai pukul 07.00 WIB ini berlangsung sampai pukul 16.00 WIB.

“Saya ingin Yulia bisa beraktivitas seperti perempuan pada umumnya, dan dia tidak menarik diri dari lingkungannya,” ungkapnya.

Aksi ini menarik perhatian mahasiswa FIK UMS. Para mahasiswa UMS yang melintasi basecamp tempat Keluarga FIK UMS menggelar aksinya, sejenak berhenti dan memberikan donasi untuk Yulia. Salah satu mahasiswa FIK UMS, Retnosari, 21, sangat mendukung digelarnya aksi ini.

“Sebagai mahasiswa kita harus ikut serta dalam membantu sesama. Semoga uang yang terkumpul bisa membantu Yulia agar bisa segera dioperasi,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya