SOLOPOS.COM - Ketua Yayasan DSH Klaten, Amin Mustofa, melepas bantuan logistik ke Cianjur, Jabar, Selasa (6/12/2022). Selain logistik, DSH Klaten juga mengirimkan belasan sukarelawan. (Istimewa/Panitia Pengiriman Bantuan DSH Klaten).

Solopos.com, KLATEN — Dompet Sejuta Harapan (DSH) Klaten mengirim 17 sukarelawan dan logistik senilai Rp75 juta kepada korban gempa di Cianjur, Jabar, Selasa (6/12/2022). Bantuan tersebut merupakan kali kedua yang telah dikirm DSH Klaten ke Cianjur.

Di waktu sebelumnya, DSH Klaten telah membantu korban gempa Cianjur senilai Rp15 juta. Bantuan logistik dan sukarelawan kali kedua ini diberangkatkan dari kantor DSH Klaten Jalan Mayor Kusmanto Ngingas, Bareng Lor, Klaten Utara, Selasa (6/12/2022). Selain dua mobil operasional dan mobil ambulans, truk pengangkut bantuan dikerahkan ke Cianjur.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

DSH Klaten sebagai lembaga zakat Klaten masih melakukan penggalangan bantuan untuk korban gempa Cianjur. Bantuan dapat disalurkan melalui kantor DSH Klaten. Untuk komunikasi dan informasi dapat menghubungi nomor 085-700-000-1011.

Bintoro Galih Wicaksono selaku perwakilan pengurus DSH Klaten menerangkan bantuan memprioritaskan kebutuhan darurat bagi korban gempa Cianjur. Ia mengatakan para sukarelawan akan melakukan kerja kemanuasian selama sepekan penuh.

“Bantuan yang dikirim berupa kebutuhan darurat, seperti terpal untuk tempat tinggal. Ada juga kasur, makanan instan, makanan bayi dan selimut. Nilai bantuan logistik donasi warga Klaten Rp75 juta. Bantuan diperoleh dari sejumlah sekolah, pengurus masjid, instansi dan masyarakat,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Selasa.

Baca Juga: Polwan Polres Klaten Bagikan Paket Sembako di Ngawen

Selain bantuan logistik, lanjut Bintoro, DSH Klaten juga mengirimkan tenaga sukarelawan. Mereka berasal dari dari Komunitas Relawan Muda (KRM) DSH, Relawan Kecamatan Ngawen (RKN), Rumah Pemberdayaan Umat (RPU), dan dari Yayasan Adil Sejahtera.

“Lokasi yang menjadi target adalah Desa Limbang Sari, Kecamatan Cianjur. Tugas sukarelawan membantu warga membersihkan puing-puing gempa dan membersihkan tempat-tempat ibadah,” kata Bintoro.

Ketua Yayasan DSH Klaten, Amin Mustofa, mengatakan penggalangan dana akan terus dilakukan di tahap berikutnya.

Baca Juga: Peduli Gempa Cianjur, 3.000 Anggota PPDI Klaten Kumpulkan Donasi

“Bantuan korban gempa Cianjur tahap dua ini senilai Rp75 juta. Bantuan tahap pertama senilai 15 juta, sudah disalurkan beberapa pekan lalu. Penggalangan dana akan terus dilakukan untuk aksi kemanusian di Kabupaten Cianjur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya