Pedasnya Nagih, Warung Makan Mangut Beong Magelang Ini Paling Legend

Kuliner khas Magelang yaitu mangut beong menawarkan sensasi pedas dalam masakannya. Bahkan, rasa pedas dari kuliner ini benar-benar bikin nagih.

Danang Nur Ihsan - Solopos.com
Sabtu, 21 Mei 2022 - 16:17 WIB

SOLOPOS.COM - Mangut beong khas Magelang. (ksmtour.com)

Solopos.com, MAGELANG — Kabupaten Magelang, Jawa Tengah memiliki aneka kuliner khas, salah satunya mangut beong yang banyak diburu wisatawan. Pencinta kuliner pedas wajib mencoba makanan khas Magelang ini.

Kuliner mangut beong Magelang bisa banyak ditemui di sekitar Kecamatan Borobudur, Kecamatan Mungkid, hingga Jalan Jogja-Semarang. Kuliner ikan beong banyak ditemui di kawasan itu karena ikan berasal dari Sungai Progo yang tidak jauh dari Borobudur.

Salah satu warung makan yang menyajikan kuliner mangut beong yang cukup terkenal adalah Sehati Selera Pedas. Warung makan ini sudah berdiri lebih dari 20 tahun dan mangut beong menjadi salah satu menu andalan.

Warung Makan Sehati Selera Pedas ini awalnya terletak di pinggir jalan raya Desa Kembanglimus. Namun pada pertengahan 2015, lokasinya pindah masuk ke dalam Dusun Mbumen, Desa Kembanglimus, Borobudur, Magelang.

Lokasi warung makan dengan menu mangut beong khas Magelang ini pun tidak jauh dari Candi Borobudur. Kuliner mangut beong menawarkan sensasi pedas dalam masakannya. Bahkan, pedas dari kuliner ini benar-benar bikin nagih.

Saat mencicipi masakan ini, siap-siap dengan rasa pedas hingga keringat mengucur deras ketika menyantapnya. Tekstur ikan beong punya daging tebal dan tidak terlalu lembut bila dibandingkan ikan lele.

Baca Juga: Asale Nasgor Magelangan, Kuliner Magelang yang Populer di Jogja

Mangut beong Magelang awalnya belum terlalu terkenal seperti sekarang. Namun, kuliner ini terus naik daun hingga banyak diburu pencinta kuliner khususnya masakan pedas.

“Dulu, jual beong itu susah tapi sekarang malah kekurangan stok. Jadi, dulu beong yang 10 kilo tidak laku terjual. Dulu itu, mungkin belum ada peminatnya. Masih asing. Kini orang baru mengenali ikan beong itu apa. Ikan beong itukan ikan liar dari Sungai Progo. Jadi, tidak bisa dibudidayakan. Lama-kelamaan kemudian banyak penggemarnya,” kata Nur Rohman, pengelola Warung Makan Sehati Selera Pedas sebagaimana dikutip dari laman magelangkab.go.id.

Kini mangut beong tidak hanya digemari warga Magelang, namun, wisatawan luar kota dan wisatawan asing memburu kuliner ini dan mengunjungi rumah makan ini. Pejabat, artis, dan publik figur lainnya juga tak kalah sering mampir ke rumah makan ini hanya untuk mencicipi cita rasa pedas mangut beong.

Selain pedas yang menjadi ciri khas mangut beong Magelang, bagian kepala beong juga menjadi favorit para pembeli ketika menikmati hidangan. Harga mangut beong pun relatif terjangkau yaitu puluhan ribu rupiah tergantung ukuran ikan.

Baca Juga: Gurihnya Kuliner Opor Enthok Khas Magelang

Biasanya mangut ikan beong dinikmati bersama sayur terancam dan sepiring nasi hangat. Setiap harinya, Rumah Makan Sehati rata-rata membutuhkan ikan beong sebanyak 120 kilogram. Saat musim liburan bisa sampai 200 kilogram ikan beong dimasak di rumah makan ini.

Mangut beong dari rumah makan ini bahkan juga dikirim ke luar daerah Magelang dan luar negeri karena tingginya permintaan pasar.

“Ikan beong yang sudah digoreng dan bumbu harus dipisahkan saat dikirim. Bumbu yang sudah dimasak sebelumnya ini akan tahan cukup lama. Setelah sampai, pembelilah yang harus mengolahnya sendiri. Ikan beong goreng dimasak bersama bumbu yang sudah disediakan, lalu setelahnya tinggal ditambah dengan santan segar,” ungkap Nur Rohman.

Bagaimana penasaran dengan sensasi pedas mangut beong? Bila tengah berkunjung ke Magelang tidak ada salahnya mencoba kuliner khas mangut beong.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif