Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

 Situasi di Pasar Jongke Solo yang akan direvitalisasi dan digabung dengan Pasar Kabangan, Solo. Foto diambil Rabu (28/6/2022). (Solopos/

SOLOPOS.COM - Situasi di Pasar Jongke Solo yang akan direvitalisasi dan digabung dengan Pasar Kabangan, Solo. Foto diambil Rabu (28/6/2022). (Solopos/

Solopos.com, SOLO — Dinas Perdagangan (Disdag) Solo ternyata belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh ke pedagang terkait rencana penggabungan Pasar JongkeKabangan. Disdag baru melakukan sosialisasi kepada pedagang Pasar Kabangan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Joko Sartono, saat dimintai tanggapannya mengenai ketidaktahuan pedagang Pasar Jongke mengenai rencana penggabungan tersebut. Joko mengatakan pertemuan dan sosialisasi mengenai rencana penggabungan pasar baru dilakukan dengan pedagang Pasar Kabangan.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Iya sudah tahu. Memang sudah ketemu dan membahas sama Pasar Kabangan, makanya mereka sudah tahu semua,” tutur Joko saat ditemui Solopos.com di kantornya, Kamis (30/6/2022).

Joko menambahkan pedagang Pasar Kabangan lebih dulu diberi pemahaman dan sosialisasi karena mereka nantinya yang akan dipindahkan ke lokasi baru. Karenanya, perlu pemahaman dan penyelarasan sejak awal mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan Solo.

“Ya mereka kan yang istilahe mau dipindah, jadi kami akan rembukan dulu bersama-sama. Apakah mereka bersedia, dan alhamdulillah,” jelasnya.

Baca Juga: Pasar Jongke-Kabangan Solo Bakal Digabung, Pedagang Ngaku Belum Tahu

Pemkot Solo akan menggabungkan dua pasar di Kecamatan Laweyan tersebut di lahan Pasar Jongke. Sudah ada pemenang lelang konsultan Detail Engineering Design (DED) revitalisasi Pasar Jongke. DED itu ditarget selesai tahun ini.

Sebelumnya, mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan Solo, salah satu pedagang Pasar Jongke, Sulastri, mengatakan hanya mengetahui rencana revitalisasinya. Tak sampai pada konsep integrasi dua pasar.

“Kalau dibangunnya [revitalisasi] sudah tahu. Sejak lama itu ta. Tapi kalau digabung malah baru dengar,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di pasar tersebut, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Butuh Rp100 Miliar, Seperti Apa Konsep Revitalisasi Pasar Jongke Solo?

Begitu juga dengan Yanto, salah satu pedagang sepeda di Pasar Jongke. Ia juga sebatas mengetahui rencana revitalisasi saja. Belum sampai pada rencana penggabungan dua pasar.

Diundang Pertemuan

Sementara Tini, salah satu pedagang di Pasar Jongke mengatakan sudah tahu rencana penggabungan kedua pasar. Ia juga mengatakan pedagang lain sudah mengetahui rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan, Solo.

“Kalau itu sudah tahu. Semua di sini sudah tahu,” tuturnya saat ditemui Solopos.com, Rabu. Tini mengatakan ia bersama pedagang lain di Pasar Jongke sempat diundang ke sebuah pertemuan membahas penggabungan tersebut.

Baca Juga : Wah, Revitalisasi Pasar Jongke Solo Disebut Lebih Mahal dari Pasar Legi

Namun ia lupa tanggal berapa pertemuan itu berlangsung. “Kapan itu udah diundang sama dinas, ngomongin itu [rencana penggabungan] juga. Di sini kok di Laweyan sini,” tuturnya.

Pasar Kabangan merupakan pasar yang menyediakan keperluan rumah tangga. Barang-barang yang dijual tidak semuanya buatan pabrik, tetapi ada barang-barang dari hasil para pedagang yang memanfaatkan barang bekas, seperti ban bekas, tempat obat bekas, tempat cairan kimia, kaleng cat bekas dan lainnya.

Ihwal rencana konsep penggabungan Pasar Jongke dengan Pasar Kabangan sebelumnya dibocorkan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada awal Juni lalu.

Baca Juga: Revitalisasi Pasar Jongke Solo, Sudah Ditunggu Pedagang Sejak 2010

Dia mengatakan Pasar Jongke dan Pasar Kabangan akan menjadi satu dengan mengusung konsep pasar era kolonial. Kolonial dimaksud yaknni seperti bangunan Pasar Gede, namun dengan ventilasi yang cukup serta penghijauan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kolaborasi Olahraga dan Partipasi Masyarakat Berdayakan Warisan Budaya

      Kawasan situs manusia purba Sangiran di wilayah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, kaya potensi seni, budaya, dan kriya.

      Dawet Okra, Kuliner Unik dan Sehat Khas Sragen

      Kelompok Wanita Tani (KWT) Sasmito Tani di Dukuh Mayah RT 23, Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Sragen mengubah buah okra menjadi dawet okra yang kaya manfaat.

      50 Guru SMA di Boyolali Ikut Workshop Penulisan Sejarah, Ini Tujuannya

      Workshop menghadirkan narasumber yang berasal dari tim ahli penulisan sejarah dan fasilitator kurikulum merdeka dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

      Perintis Sanggar Bhineka Sukoharjo Beri Les Gratis bagi Anak Yatim

      Kegiatan bimbingan belajar itu sebagai bentuk apresiasi pada anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena Covid-19.

      Ini 8 Calon Sekda Sragen yang Disebut-Sebut Bupati

      Delapan kandidat yang merupakan pejabat eselon II Sragen, salah satunya menjadi calon kuat Sekda Sragen.

      Aneh, Event Digeber tapi Pemkot Solo Minta Target PAD 2022 Diturunkan

      Pemkot Solo mengajukan pengurangan target pendapatan asli daerah sampai Rp10,7 miliar pada APBD Perubahan 2022 padahal banyak event digeber.

      Kisah Penambang Emas Tradisional Wonogiri di Bukit Randu Kuning Jendi

      Tarjo merupakan salah satu penambang tradisional di kaki Bukit Randu Kuning di Jendi, Selogiri, Wonogiri.

      Asyik! Kemenhub akan Bangun Jalur Lintas KA Solo-Wonogiri

      Kementerian Perhubungan melalui BTP Jabagteng berencana membangun dan meningkatkan jalur lintas KA Solo-Wonogiri dalam waktu dekat.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 12 Agustus 2022, Ada Hujan Ringan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Jumat (12/8/2022), akan dimulai dengan cerah berawan lalu hujan.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 12 Agustus 2022, Sore Mulai Hujan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Jumat (12/82022) akan fluktuatif. yang diawali cerah berawan, sebelum akhirnya hujan akan turun sejak sore hingga malam.

      Cuaca Boyolali Jumat Ini: Siapkan Payung, Hujan Sedang hingga Malam

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Jumat (12/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Cuaca Sukoharjo Jumat Ini: Hati-Hati, Gerimis Tipis Sore hingga Malam

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Jumat (12/8/2022).

      Hari Ini Solo Hujan Sore-Malam, Cek Prakiraan Cuaca Jumat 12 Agustus

      Hujan akan mengguyur Kota Solo pada sore hingga malam hari ini, Jumat (12/8/2022), berdasarkan prakiraan cuaca BMKG.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi, tapi...

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 12 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Gerimis sejak Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 12 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Jemaah Haji Embarkasi Solo Meninggal di Arab Saudi Tambah Jadi 17 Orang

      Jumlah anggota jemaah haji asal Embarkasi Solo yang meninggal di Tanah Suci bertambah menjadi 17 orang hingga Kamis (11/8/2022).