SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok.SOLOPOS), SRIWEDARI -- Pedagang mi ayam berjualan di depan Joglo Taman Sriwedari, Solo, Jumat (16/9/2011). Retribusi kios di kawasan Sriwedari bakal dinaikkan hingga 230%. (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Solo (Solopos.com)–Beberapa pedagang di kawasan Taman Sriwedari merasa waswas jika Pemkot Solo akan menaikkan retribusi hingga tiga kali lipat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pasalnya, tidak setiap hari kawasan tersebut ramai pengunjung dan pedagang selalu memperoleh keuntungan.

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti yang diungkapkan salah satu pemilik warung makan di kawasan Taman Sriwedari, Suharni, 61.

Ia yang setiap bulan harus membayar retribusi sebesar Rp 38.000, ia akan dibebani sekitar Rp 120.000 per bulan.

”Walaupun telah ada sosialisasi dari Pemkot Solo untuk rencana kenaikan retribusi hingga tiga kali lipat, kami belum mengambil sikap karena belum direalisasikan. Jika memang dilakukan dan saya harus membayar sekitar Rp 120.000 per bulan, saya merasa berat. Apalagi selain hari Minggu dan hari libur, keadaan di Sriwedari sepi,” ungkapnya saat ditemui wartawan di kawasan Taman Sriwedari, Rabu (21/9).

Saat hari libur pun, seperti Minggu, ia hanya mendapat Rp 100.000/hari. Jika rencana itu direalisasikan dan keuntungannya tidak dapat menutup retribusi yang ditetapkan pemerintah, ia terpaksa menggunakan uang pensiun miliknya.

Serupa yang diungkapkan seorang pedagang kerajinan di kawasan Taman Sriwedari, Sulistyo, 88, saat ditemui di kiosnya, Rabu.

Ia mengatakan telah mendengar kabar tentang rencana kenaikan retribusi tersebut hingga tiga kali lipat. Ia yang saat ini membayar retribusi Rp 67.000 per bulan, akan dibebani retribusi sekitar Rp 200.000 per bulan.

(aak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya