SOLOPOS.COM - Warga melintas di sekitar bangunan kios darurat Pasar Klewer di Alun-alun Utara Keraton Solo, belum lama ini. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Pedagang pasar Klewer timur memasang paralon untuk menghindari genangan.

Solopos.com, SOLO — Pedagang dari Pasar Klewer Solo bagian timur yang kini menempati pasar darurat di Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo berinisiatif memasang pipa paralon menghubungkan talang air langsung ke dalam saluran drainase.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Inisiatif ini dilakukan sejumlah pedagang untuk mengantisipasi tumpahan air hujan ke dalam kios di pasar darurat serta meminimalisasi potensi genangan.

Berdasarkan pantauan, pedagang yang memasang pipa paralon yang menghubungkan talang air ke saluran drainase adalah pedagang yang menempati kios bagian tepi blok atau deretan kios.

“Kebetulan hari Minggu [24/9/2017] kemarin kan sudah hujan, memang hujannya ndak lebat tapi tumpahan air dari talang itu cukup membuat emperan kios basah,” kata Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Klewer Timur, Sutarso, Selasa (26/9/2017).

Sutarso pun memasang satu pipa paralon dengan tujuan jika terjadi hujan, air dari talang mengalir langsung ke dalam saluran drainase dan tidak menggenang depan kios.

“Pemasangan pipa ini pakai biaya sendiri-sendiri. Pedagang di sini ndak mau repot-repot minta ke pemerintah, kalau hanya untuk keperluan antisipasi hujan seperti ini cukup swadana sendiri saja,” papar Sutarso.

Pemilik Kios Hartini, Agus Sutikno, juga memasang pipa paralon dari talang air langsung ke saluran drainase agar saat hujan turun air tidak menggenangi sekitar kios. “Ya ini kebetulan sudah mau musim hujan, untuk antisipasi saja,” kata Agus.

Pemasangan pipa mulai dilakukan sejumlah pedagang Senin (25/9/2017) lalu. “Namun ini masih mau pasang pipa lagi di kios saya yang lain, kebetulan saya punya beberapa kios di sini,” kata Agus.

Seperti diketahui, saat Alut Keraton Solo ditempati pedagang dari Pasar Klewer sisi barat tahun 2015-2016 lalu kerap terjadi genangan jika hujan turun. “Mungkin karena tahun lalu itu hampir terjadi hujan sepanjang tahun jadi sering ada genangan. Semoga tidak terjadi kendala serupa tahun ini,” harap pedagang lain, M.Rifan.

Sutarso menambahkan pedagang sempat mempertanyakan masalah antisipasi genangan di Alut Keraton Solo kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

“Informasi dari Pemkot Solo kami tidak perlu lagi khawatir muncul genangan saat musim hujan karena sistem drainase di sekitar Alut sudah lancar,” kata Sutarso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya