SOLOPOS.COM - Pedagang berjualan di pasar darurat di sisi timur Pasar Cuplik, Sukoharjo, Selasa (24/5/2022). (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Para pedagang Pasar Cuplik di Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, menempati pasar darurat mulai pekan lalu. Mereka berjualan di pasar darurat selama proyek pengerjaan revitalisasi pasar rampung hingga akhir tahun.

Pantauan Solopos.com, Selasa (24/5/2022), ratusan pedagang menempati pasar darurat di halaman bekas showroom yang terletak di sisi timur Pasar Cuplik Sukoharjo. Para pedagang menggelar barang dagangan menyesuaikan nomor los. Sementara, bangunan lama pasar dibiarkan kosong dan segera dirobohkan setelah proses pengadaan barang dan jasa rampung.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Agus Poncowarno, mengatakan pembangunan pasar darurat dikerjakan selama Bulan Puasa atau awal April-akhir April 2022. Setelah Lebaran, petugas mulai mempersiapkan beragam hal teknis ihwal pemindahan lokasi berjualan ke pasar darurat.

“Para pedagang berjualan di pasar darurat kurang lebih sudah sepekan. Sebelum pindah, kami berembuk dengan para pedagang untuk menentukan posisi los di pasar darurat. Mereka sangat kooperatif dan mendukung proyek revitalisasi Pasar Cuplik,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Selasa.

Agus menyebut anggaran proyek revitalisasi Pasar Cuplik berasal dari bantuan keuangan Pemprov Jawa Tengah senilai Rp2,6 miliar. Tahap awal, hanya los pedagang yang akan dibangun lantaran keterbatasan anggaran. Ada 215 los pasar yang akan dibangun pada tahun ini.

Baca juga: Pedagang Minta Pasar Cuplik Sukoharjo Dibangun Satu Lantai Saja

Luas los masing-masing pedagang berukuran 2 x 2 meter. Selain los pedagang, Pasar Cuplik bakal dilengkapi beragam fasilitas seperti musala, dua unit mandi cuci kakus (MCK), ruang laktasi, dan tempat pembuangan sampah. “Proyek revitalisasi Pasar Cuplik merupakan salah satu program prioritas pada 2022. Harus rampung pada akhir tahun karena anggaran tahun tunggal,” ujar dia.

Dokumen Administrasi

Disinggung ihwal proses lelang proyek fisik, Agus menjelaskan telah berkoordinasi dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sukoharjo ihwal mekanisme proses pengadaan barang dan jasa secara elektronik. Kelompok kerja (pokja) revitalisasi Pasar Cuplik segera melengkapi dokumen administrasi proses lelang proyek fisik.

Agus berharap proses lelang segera rampung sehingga proyek fisik bisa segera dikerjakan secepatnya. “Mudah-mudahan Juni atau Juli, proyek revitalisasi pasar mulai dikerjakan. Waktunya cukup mepet hingga akhir Desember. Namun, saya optimis rampung tepat waktu sesuai masa kontrak,” kata dia.

Baca juga: Pasar Cuplik Sukoharjo akan Dibangun, Ini Lokasi Pasar Darurat

Seorang pedagang tahu dan tempe di Pasar Cuplik, Sarto Paiyem, mengatakan trak mempermasalahkan kondisi pasar darurat. Dia mengaku nyaman berjualan di pasar darurat walaupun kondisinya cukup panas pada siang hari.

Paiyem berharap agar proyek revitalisasi pasar segera dikerjakan. “Semoga proyek pembangunan pasar segera rampung. Kami bisa kembali berjualan di dalam bangunan baru pasar,” kata dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya