Pedagang Pasar Cuplik Sukoharjo Kini Jualan di Pasar Darurat

pembangunan pasar darurat pdikerjakan selama Bulan Puasa atau awal April-akhir April 2022.

 Pedagang berjualan di pasar darurat di sisi timur Pasar Cuplik, Sukoharjo, Selasa (24/5/2022). (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Pedagang berjualan di pasar darurat di sisi timur Pasar Cuplik, Sukoharjo, Selasa (24/5/2022). (Solopos-R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Para pedagang Pasar Cuplik di Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, menempati pasar darurat mulai pekan lalu. Mereka berjualan di pasar darurat selama proyek pengerjaan revitalisasi pasar rampung hingga akhir tahun.

Pantauan Solopos.com, Selasa (24/5/2022), ratusan pedagang menempati pasar darurat di halaman bekas showroom yang terletak di sisi timur Pasar Cuplik Sukoharjo. Para pedagang menggelar barang dagangan menyesuaikan nomor los. Sementara, bangunan lama pasar dibiarkan kosong dan segera dirobohkan setelah proses pengadaan barang dan jasa rampung.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo, Agus Poncowarno, mengatakan pembangunan pasar darurat dikerjakan selama Bulan Puasa atau awal April-akhir April 2022. Setelah Lebaran, petugas mulai mempersiapkan beragam hal teknis ihwal pemindahan lokasi berjualan ke pasar darurat.

“Para pedagang berjualan di pasar darurat kurang lebih sudah sepekan. Sebelum pindah, kami berembuk dengan para pedagang untuk menentukan posisi los di pasar darurat. Mereka sangat kooperatif dan mendukung proyek revitalisasi Pasar Cuplik,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Selasa.

Agus menyebut anggaran proyek revitalisasi Pasar Cuplik berasal dari bantuan keuangan Pemprov Jawa Tengah senilai Rp2,6 miliar. Tahap awal, hanya los pedagang yang akan dibangun lantaran keterbatasan anggaran. Ada 215 los pasar yang akan dibangun pada tahun ini.

Baca juga: Pedagang Minta Pasar Cuplik Sukoharjo Dibangun Satu Lantai Saja

Luas los masing-masing pedagang berukuran 2 x 2 meter. Selain los pedagang, Pasar Cuplik bakal dilengkapi beragam fasilitas seperti musala, dua unit mandi cuci kakus (MCK), ruang laktasi, dan tempat pembuangan sampah. “Proyek revitalisasi Pasar Cuplik merupakan salah satu program prioritas pada 2022. Harus rampung pada akhir tahun karena anggaran tahun tunggal,” ujar dia.

Dokumen Administrasi

Disinggung ihwal proses lelang proyek fisik, Agus menjelaskan telah berkoordinasi dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Sukoharjo ihwal mekanisme proses pengadaan barang dan jasa secara elektronik. Kelompok kerja (pokja) revitalisasi Pasar Cuplik segera melengkapi dokumen administrasi proses lelang proyek fisik.

Agus berharap proses lelang segera rampung sehingga proyek fisik bisa segera dikerjakan secepatnya. “Mudah-mudahan Juni atau Juli, proyek revitalisasi pasar mulai dikerjakan. Waktunya cukup mepet hingga akhir Desember. Namun, saya optimis rampung tepat waktu sesuai masa kontrak,” kata dia.

Baca juga: Pasar Cuplik Sukoharjo akan Dibangun, Ini Lokasi Pasar Darurat

Seorang pedagang tahu dan tempe di Pasar Cuplik, Sarto Paiyem, mengatakan trak mempermasalahkan kondisi pasar darurat. Dia mengaku nyaman berjualan di pasar darurat walaupun kondisinya cukup panas pada siang hari.

Paiyem berharap agar proyek revitalisasi pasar segera dikerjakan. “Semoga proyek pembangunan pasar segera rampung. Kami bisa kembali berjualan di dalam bangunan baru pasar,” kata dia

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

+ PLUS Reformasi Sosial Lahirkan Tren Wanita Berambut Pendek di Arab Saudi

Gaya rambut pendek kini menjadi tren di kalangan wanita di Arab Saudi. Ini setelah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, mendorong reformasi sosial yang salah satunya tidak lagi mewajibkan wanita mengenakan jilbab.

Berita Terkini

Espos Plus: Tujuan Konser, Transformasi Jakarta hingga Jackson Effect

Berita terkait tujuan digelarnya konser musik pada zaman dulu dan sekarang, transformasi Jakarta serta The Jackson Effect di hari kematian sang Raja Pop menjadi sajian menu Espos Plus edisi Minggu (26/6/2022).

Sapi Suspek PMK di Karanganyar Dijual Murah, Begini Komentar DPRD

Sejumlah peternak di Karanganyar, Jawa Tengah rela menjual murah ternak sapi lantaran khawatir mati di kandang gara-gara sakit.

Begini Keseruan Ganjar-Rudy Nonton Denny Caknan di Vastenburg Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo alias Rudy tampak menikmati keseruan konser Trisakti Bulan Bung Karno yang menghadirkan penyanyi Denny Caknan di Benteng Vastenburg Solo.

Beda dari Lainnya! Bugisan Klaten Bikin Paket Wisata Pengelolaan Sampah

Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan berkeinginan menjadi desa wisata di tengah potensi wilayah yang dikelilingi candi dan kental dengan potensi budaya. Namun, keinginan menjadi desa wisata itu terganjal permasalahan sampah.

Jelang Penutupan Untuk Revitalisasi, TSTJ Solo Malah Tambah Ramai

Jumlah pengunjung TSTJ atau Jurug Solo Zoo justru semakin ramai menjelang penutupan untuk revitalisasi yang direncanakan mulai 1 Juli 2022.

Tahap I, Boyolali Peroleh 1.900 Dosis Vaksin dari Kementan

Kabupaten Boyolali mendapatkan dropping 1.900 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (24/6/2022) sore.

Misterius! Sungai Mungkung Sragen Tercemar Berat, Pemerintah Cari Tahu

DLH Kabupaten Sragen menyebut tingkat pencemaran di Sungai Mungkung Sragen cukup berat apabila dibandingkan dengan sungai lain di Kabupaten Sragen.

Vaksinasi PMK Boyolali Dimulai Besok, Sapi Perah Jadi Prioritas

Vaksinasi menanggulangi persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali dimulai, Senin (27/6/2022). Vaksinasi PMK di Boyolali diperkirakan akan diselesaikan dalam dua hari.

Lepas 111 Calhaj Menuju Donohudan, Ini Pesan Wabup Boyolali

Pemkab Boyolali melepas 111 calon jemaah haji (calhaj) di kompleks Kantor Bupati Boyolali, Minggu (26/6/2022) pagi.

Karanganyar Akan Terima 2.000 Dosis Vaksin PMK, Sapi Ini Jadi Prioritas

Kabupaten Karanganyar akan mendapatkan alokasi 2.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Cerita Bocah Pemulung Cilik Solo: Cari Rongsokan Sejak Usia 3 Tahun

Bocah pemulung cilik di Solo menceritakan kisahnya ikut mencari rongsokan sejak berusia tiga tahun.

Geronjal! Jalan di Palang Sepur Dagen Berbatu & Sempit

Kondisi palang sepur di Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, terus menjadi keluhan warga.

Bupati Karanganyar: Palang Sepur Dagen Sering Macet, Dibaikan PT KAI

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, curhat keluhannya tentang palang sepur Dagen selama tujuh tahun terakhir diabaikan PT KAI.

Ribuan Honda CB Nangkring di Terminal Tirtonadi Solo, Ngapain Ya?

Ribuan sepeda motor Honda CB memenuhi di kawasan Terminal Tirtonadi Kota Solo, Minggu (26/6/2022).

Mau Keliling Soloraya Naik Bus Wisata Solo? Segini Tarifnya

Tarif menyewa bus wisata Dishub Solo untuk berwisata keliling Soloraya ternyata cukup ramah di kantong.