Seorang pembeli memilih pakaian khas Solo di Jl. Pakubuwono, Pasar Kliwon, Kamis (6/6/2019). (Solopos.com-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO - Libur Lebaran menjadi momen panen pedagang cenderamata dan pakaian khas Solo di Jl. Pakubuwono, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (6/6/2019). Pedagang musiman tersebut setiap harinya bisa meraup omzet jutaan rupiah perhari.

Para pedagang musiman yang menggelar lapak di bahu Jl. Pakubuwono, Pasar Kliwon, di Kawasan Keraton Solo mulai berjualan di tempat tersebut. Mereka memanfaatkan momen libur lebaran dan belum aktifnya Pasar Klewer untuk berjualan oleh-oleh cenderamata dan pakaian khas Solo.

Salah satu pedagang cenderamata, Umiyati, 38, mengatakan jika momen libur lebaran menjadi momen yang ditunggu. Hal ini lantaran banyaknya pengunjung dari luar kota yang berburu oleh-oleh untuk dibawa kembali ke kota tempat tinggal mereka. Saat momen libur Lebaran, dia bisa meraup omzet dari Rp800 ribu hingga Rp1 juta perhari.

"Memang momen libur Lebaran biasanya omset naik. Karena ada banyak orang dari luar kota yang mencari oleh-oleh. Tapi hari ini belum banyak yang datang. Mungkin besok baru ramai. Biasanya dari pengalaman kemarin pendapatan kotor per hari bisa mencapai Rp1 juta," jelasnya.

Pedagang pakaian batik, Lestari, 48, mengaku berjualan secara musiman. Dia biasanya berjualan di Pasar Klewer setiap harinya. Dia memanfaatkan momen libur lebaran untuk mendapatkan omzet lebih tinggi dibandingkan hari biasa.

"Kalau berdagang di sini musiman. Biasanya saya jualan di Pasar Klewer. Kalau di sini saat momen tertentu saja. Biasanya tidak pasti tapi Rp1 juta lebih ada kalau momen libur Lebaran ini," kata dia.

Salah satu pembeli asal Depok, Deviyani, 30, mengatakan memang sengaja mencari oleh-oleh untuk dibawa ke Depok. Menurutnya membeli di pinggir jalan lebih murah harganya dan bisa ditawar.

"Iya ini sedang cari oleh-oleh. Untuk dibawa buat keluarga di Depok. Alasannya karena harganya murah. Di sini juga tempat pusat jualan oleh-oleh khas Solo. Jadi saya lebih memilih beli di sini," ucapnya.

Pembeli lainnya asal Jakarta, Siti Aminah, 43, juga berpendapat lokasi di sekitaran Pasar Klewer merupakan tempat mencari oleh-oleh khas yang lebih murah. "Kalau di mal dan butik kan mahal. Jadi pilih beli di sini saja. Bisa tawar menawar. Buat oleh-oleh keluarga," kata dia. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten