Tutup Iklan

Pedagang Kuliner Wajib Pasang Harga, Netizen: Setuju! Mau Tanya Gengsi

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Pengusaha rumah makan dan restoran di Kota Solo, Jawa Tengah, diminta memasang harga guna menghindari kenaikan tidak wajar di momen puasa dan Lebaran. Peraturan tersebut dibuat mengingat sejumlah warga berburu wisata kuliner saat momen libur Lebaran tiba.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan, kenaikan harga yang tidak wajar akan mencoreng Kota Bengawan sebagai salah satu destinasi kuliner populer di Indonesia. Rudy, sapaan akrabnya, menyadari Lebaran adalah masa panen bagi pengusaha kuliner. Namun dia meminta agar mereka tidak memanfaatkan momen setahun sekali tersebut dengan semena-mena.

Peraturan pemasangan harga di rumah makan tersebut disambut gembira oleh netizen. Sejumlah warganet menilai daftar harga sangat penting dipasang di rumah makan. Sebab, banyak sekali warga yang kaget karena ditarik bayaran mahal saat jajan di rumah makan di momen Lebaran.

Dukungan netizen disampaikan lewat kolom komentar akun Instagram @jelajahsolo yang membagikan berita Solopos, Jumat (24/5/2019). “Setuju. Nanti kalau mau pesan es teh takut harganya mahal,” komentar @nurcahyonoagus.

Peraturannya kenapa enggak dari dulu sih. Uh, suka deh,” sambung @chimercury.

Kadang terlanjur duduk ternyata enggak ada buku menu dan daftar harganya. Mau tanya gengsi. Nanti dikira enggak punya uang. Setelah makan, ternyata harganya ngepruk,” imbuh @bejorasial.

Guna menghindari was-was saat ingin memesan, karena aku sobat meskeenn,” lanjut @estiupn.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Kabid Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Kristiana, mengatakan imbauan tersebut bakal diterbitkan dalam waktu dekat. Apabila pascaimbauan beredar, pengusaha tersebut masih menaikkan harga dengan tidak wajar, pihaknya tak segan memberi pembinaan dan peringatan.

“Kalau kami lihat, masih ada pengusaha kuliner yang ingin mengambil untung lebih di momen tertentu seperti Lebaran. Kami dengan Dinas Pariwisata [Dispar] akan meminta mereka menghindari praktik tersebut. Pasang daftar harga dan wajar,” kata Kristiana.


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Gunung Semeru Erupsi, BPBD Siapkan Evakuasi Warga

Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), mengeluarkan erupsi berupa awan panas dan hujan abu tebal.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Kesejahteraan Petani Sawit Jadi Bahasan Penting di Pertemuan CPOPC 2021

Salah satu visi utama CPOPC adalah untuk menyejahterakan hidup dari jutaan petani kelapa sawit di berbagai negara produsen minyak sawit di seluruh dunia.

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Gunung Semeru di Provinsi Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore dan Awan Panas Guguran [APG] turun mengarah Curah Kobokan.

Kongres ke-41 di Solo, Syarikat Islam Didorong Fokus Ekonomi Halal

Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel, menyebut potensi ekonomi halal luar biasa, namun belum banyak dikembangkan. Ia mendorong Syarikat Islam menjadi pelopor ekonomi halal.

Beredar Video Semeru Muntahkan Awan Panas, Warga Panik Selamatkan Diri

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi dan memuntahkan awan panas, Sabtu (4/12/2021).

Ratakan Tanah, Warga Ponorogo Malah Temukan Proyektil Amunisi

Sebutir proyektil berdiameter 10,5 sentimeter ditemukan pekerja tertimbun tanah di Ponorogo. Proyektil tersebut diduga peninggalan masa penjajahan Belanda.

Diterjang Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas SDN di Ponorogo Ambrol

Dua ruang kelas SD Negeri III Desa Temon, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, ambrol setelah tertimpa tanah longsor.

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Bus Sudiro di Tol Semarang-Solo

Bus PO Sudiro Tungga Jaya jurusan Jakarta-Yogyakarta mengalami kebakaran di tol Semarang-Solo, Bergas, Kabupaten Semarang.

Edarkan Sabu-Sabu, 2 Warga Solo dan Boyolali Dikukut Polisi

Satres Narkoba Polresta Solo berhasil menangkap dua pengedar sabu-sabu saat bertransaksi di Pucangsawit, Jebres, Solo. Kedua tersangka masing-masing warga Klego, Boyolali dan Laweyan, Solo.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Gegara Puntung Rokok, Rumah Warga Karangmojo Tasikmadu Ludes Terbakar

Nyaris semua perabotan di rumah Samiyati di Desa Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar, ludes dilalap api yang diduga berasal dari puntung rokok yang membakar kasur.

Hasil Survei Pilpres Terbaru: Anies Teratas, Ganjar & Puan Turun

Hasil survei IPO terbaru terkait tingkat elektabilitas tokoh yang dikaitkan Pilpres 2024 menyatakan Anies Baswedan berada di urutan teratas, mengungguli Ganjar Pranowo.

Harga Cabai Rawit Merah di Sragen Meroket, Tembus Rp57.000/Kg

Musim hujan membuat cabai lebih cepat membusuk. Kondisi ini membuat harganya menjadi naik, seperti yang terjadi di Sragen.

KSP Desak Polisi Bongkar Fakta Mahasiswi Minum Sianida di Makam Ayahnya

KSP angkat bicara perihal kasus mahasiswi Universitas Brawijaya Malang, NWR, yang ditemukan meninggal diduga bunuh diri menenggak racun sianida di makam ayahnya, Kamis (2/12/2021).

Sleman Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Lahar Dingin Merapi

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menetapkan status tanggap darurat banjir lahar dingin Merapi agar upaya penanganannya bisa lebih cepat dilakukan.