Salah satu kios ikan segar di Pasar Besar Madiun, Jumat (21/6/2019). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN -- Pedagang ikan segar di Pasar Besar Madiun mengeluh pasokan ikan menurun dalam beberapa hari terakhir. Sehingga sebagian dari pedagang ikan segar menutup kiosnya lebih cepat dibandingkan hari-hari biasanya.

Pantauan Madiunpos.com di lapak ikan segar di Pasar Besar Madiun, Jumat (21/6/2019) sekitar pukul 10.00 WIB, hanya ada satu pedagang ikan segar yang berjualan. Sedangkan pedagang ikan lainnya telah menutup kiosnya.

Padahal biasanya kios ikan segar di Pasar Besar biasanya buka sampai lebih dari pukul 12.00 WIB.

Seorang pedagang ikan segar, Warno, mengatakan sepekan terakhir dirinya kesulitan mencari stok ikan segar. Untuk memenuhi kebutuhan, dia mengaku mencari pasokan ikan dari Rembang, Pasuruan, hingga Sidoarjo.

Warga Madiun ini menyampaikan pada peralihan musim seperti ini memang jarang pasokan ikan segar. Karena biasanya ombak di laut sedang tinggi dan nelayan libur melaut.

"Kalau musim kayak begini ya enggak ada ikan. Ombak besar enggak ada ikan," kata dia.

Tidak hanya dirinya, lanjut Warno, tapi pedagang ikan di Pasar Besar lainnya juga mengalami hal serupa. Para pedagang lain juga kesulitan mencari pasokan ikan segar.

"Ini saya juga jual berbagai jenis ikan. Tapi jumlahnya yang sedikit-sedikit. Tidak seperti biasanya," kata dia.

Meski pasokan ikan segar minim, dia menegaskan harga ikan tetap stabil. Kenaikan hanya berkisar antara Rp1.000-Rp2.000 per kg. Dia mencontohkan untuk harga ikan tongkol masih di harga Rp24.000-Rp25.000/kg.

"Selain pasokan ikan enggak ada. Habis Lebaran ini justru daya beli masyarakat menurun," lanjutnya.

Seorang pembeli ikan segar di Pasar Besar Madiun, Umi, menyampaikan sudah beberapa hari terakhir kesulitan mencari ikan segar. Dia menyampaikan terpaksa membeli ikan yang sudah dibekukan karena kebutuhan.

"Jarang ikan segar. Mungkin karena ombaknya lagi tinggi jadi nelayan enggak melaut," kata dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten