SOLOPOS.COM - Ilustrasi sampel darah yang terindikasi positif virus corona. (Antara)

Solopos.com, SOLO -- Seorang pedagang sayur dan bahan makanan asal Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, meninggal dunia setelah terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelum pedagang itu meninggal, keluarga sempat ngeyel tak mau menutup toko.

Toko tetap buka meskipun petugas sudah meminta agar tutup. Informasi dari warga, toko itu bahkan tetap buka sehari sesudah pemiliknya meninggal dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan pedagang sayuran asal Mojo tersebut berstatus suspek kemudian naik kelas jadi kasus konfirmasi positif Covid-19.

Kecelakaan Motor Adu Banteng, Sopir Dinas Bagian Umum Setda Sragen Meninggal 

Ekspedisi Mudik 2024

Ning, sapaan akrabnya, mengatakan sebelum pedagang tersebut meninggal, petugas sudah meminta kontak eratnya untuk menjalani uji swab. Namun, mereka menolak. Mereka juga enggan karantina mandiri.

“Kami jadwalkan uji swab pada Kamis [12/11/2020] ini tapi enggak mau. Keluarga tidak kooperatif padahal kami harus tracing. Ia [pedagang] meninggal pada Rabu [11/11/2020]," ujar Ning.

Ning juga meminta petugas Bhabinkamtimbas dan perangkat kelurahan untuk menginformasikan bahwa keluarga tersebut berpotensi membawa virus SARS CoV-2.

Kabar Buruk, 7 Pasien Covid-19 Solo Meninggal Dalam Sehari, Positif Tambah 40 Orang

“Saya minta agar Bhabinkamtimbas memberi informasi kepada tetangga bahwa keluarga tersebut menjadi kontak erat agar tidak ada kontak. Ini upaya menekan persebaran virus,” imbuh Ning.

Banyak Pelanggan

Sementara itu, Lurah Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Margono, mengatakan toko milik pedagang yang meninggal positif Covid-19 sudah tutup sejak Rabu. Hingga Kamis pun toko masih tutup. Namun, ia mengakui toko itu memiliki banyak pelanggan.

Sebelumnya, pada Rabu (11/11/2020), Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo mencatat ada tujuh pasien positif virus corona yang meninggal dunia. Jumlah itu menambah kumulatif kasus meninggal menjadi 67 orang dari total 1.475 kasus konfirmasi positif.

Enggak Nyangka, Rumah Tua Di Widuran Ini Pernah Ditinggali Permaisuri Raja Solo dan Lahirkan Banyak Seniman Top

Sementara pada Kamis (12/11/2020), Satgas kembali mencatat dua kasus kematian dan total 37 kasus konfirmasi positif baru. Penambahan kasus didominasi klaster antar keluarga hasil tracing kontak.

“Jadi satu keluarga dekat dengan keluarga lain, lalu menularkan sehingga lebih dari satu keluarga meluasnya. Ini sangat berbahaya. Apalagi kalau tracing dari pasien suspek yang naik kelas. Biasanya bawa banyak ekor dan enggak jarang kontaknya ikut bergejala,” ucap Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya