SOLOPOS.COM - Insiden peci yang tersangkut di bendera. (Istimewa/Youtube)

Insiden peci Paskibraka tersangkut di bendera terjadi di upacara HUT ke-72 RI di kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Solopos.com, SOLO – Sebuah insiden ringan menjadikan suasana tim Paskibraka mengharu biru. Peci personel Paskibraka tanpa sengaja tersangkut di bendera. Peci tersebut sempat naik hingga setengah tiang bendera sebelum akhirnya jatuh tertiup angin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Video tentang insiden ringan itu diunggah pengguna akun Youtube, Tony Teoh, Kamis (18/7/2017). Upacara HUT ke-72 RI itu dilakukan di Stadion Utama Panji Sibura-Bura, Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara.

Dalam video itu proses pengibaran bendera berjalan lancar. Hanya saja saat petugas pengibar menarik bendera, diduga pin di peci petugas tersangkut di kain bendera. Saat Paskibraka mulai mengerek bendera, peci ikut naik.

Ekspedisi Mudik 2024

Tim Paskibraka tetap melanjutkan proses pengibaran bendera sampai akhir. Peci yang sudah terjatuh pun tak sempat diambil untuk dipakai lagi.

Meski bendera berhasilberkibar sempurna, insiden kecil itu menyebabkan paskibraka menangis terharu. Tak hanya satu dua orang, hampir semua paskibraka menangis saat berada di ruang istirahat.

Pembina tim paskibraka, Mangaranap Manik mengaku peristiwa ini baru pertama kali dia alami bersama tim paskibraka. Mangaranap tidak mempermasalahkan hal itu, menurutnya insiden itu hanya kesalahan teknis kecil.

Tak hanya paskibraka yang menangis haru karena insiden tersebut. Di ruang istirahat terekam sosok pembina lain yang ikut terharu karena melihat paskibraka yang menangis. Masih disuasana haru, paskibarka tersebut menguatkan diri dengan mengucapkan yel-yel paskibraka.

“Saya rasa itu insiden kecil, tidak menutup menutup kemungkinan di acara lain hal tersebut juga terjadi. Satu hal yang pasti, tidak ada unsur kesengajaan di insiden tersebut. Bisa kena angin juga kan, yang penting itu tidak ada unsur kesengajaan, saya rasa seperti itu,” ucap Bupati Dairi, Johnny Sitohang.

Video tersebut kini sudah viral di media sosial. Berbagai akun mengunggah ulang video tersebut. Warganet yang berkomentar cenderung mendukung paskibraka yang bertugas dan menegaskan peristiwa itu bukan sebuah kesalahan.

“Hal ini terjadi tanpa disengaja, jadi tidak apa-apa. Merdeka!” tulis akun Theboyscrew Theboyscrew.

“Tidak masalah hal yang tidak disengaja! Salut pada mereka karena tetap melaksanakan tugasnya. Tidak usah berkecil hati, tetap semangat, ” tulis akun Sammy.

Nobody perfect, tidak ada manusia yang sempurna, yang penting sudah berusaha berbuat yang terbaik. Ayo semangat semoga ke depan menjadi orang yang berguba bagi semuanya,” tulis akun Telly Gred.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya