Pecel Tawangmangu, Kuliner Sehat Kombinasi 11 Sayuran Segar yang Lezat

Kuliner pecel khas Tawangmangu, Karanganyar ini selain lezat juga bergizi tinggi berisi kombinasi 11 sayuran segar berpadu dengan sambal kacang yang nikmat.

 Pecel tawangmangu. (Youtube/ 
BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

SOLOPOS.COM - Pecel tawangmangu. (Youtube/ BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Saat berkunjung ke lereng Gunung Lawu, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner khas yakni pecel Tawangmangu. Pecel ini selalu menjadi buruan pencinta kuliner lokal maupun luar daerah yang berlibur di Tawangmangu.

Pedagang pecel ini berjualan ini pinggir jalan menggunakan tenda. Lokasinya di jalan Kalisoro, Tawangmangu, atau di atas objek wisata The New Balekambang. Kuliner sehat ini selalu habis diserbu pencinta kuliner desa ini. Uniknya, pecel tawangmangu ini hanya dijual saat hari libur dan buka sejak pagi.

Baca Juga: Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih

Kuliner khas Tawangmangu ini berisi sayuran yakni selada air, bunga turi, tauge, kenikir, daun singkong, daun pepaya, kubis, bayam, kangkung, petai cina, kemangi, dan timun. Anda bisa melihat wujud asli pecel khas yang menggugah selera ini di video channel Babahe Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan berjudul Kuliner Murah di Solo | Ramai Sekali, Sudah 40 Tahun, Hanya Buka di Hari Libur | Pecel Tawangmangu, Rabu (9/6/2021).

Pecel tawangmangu.
Pecel tawangmangu dengan 11 macam sayuran. (Youtube/
BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

Kuliner pecel dengan isi kombinasi 11 sayuran ini harganya cukup murah, yakni dibanderol Rp5.000 per porsi. Cara penyajiannya juga unik dan tradisional, yakni menggunakan daun pisang dan kertas minyak yang dipincuk.

Anda bisa menambahkan gorengan yang digunting-gunting dan telur untuk menambah kelezatan  pecel ini. Tak lupa peyek kacang yang renyah ditambahkan sebagai pelengkap pecel tawangmangu. Sambal kacangnya yang super endul memiliki dua varian, yaitu pedas dan biasa. Pembeli bisa memesan sesuai selera baik sayuran maupun sambalnya.

Baca Juga: Endul! Ada Mie Ayam Bakar Bumbu Rempah di Solo Baru Sukoharjo

Selain lezat dan segar, kuliner yang berisi aneka dedaunan dan ditambahkan sambal kacang ini banyak mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Rasa dari bumbu kacangnya pas di lidah dan sayurannya pun segar, karena diperoleh dari perkebunan di Tawangmangu.

“Sambalnya pedesnya ge terlalu tapi manisnya oke, ada asinnya, bumbu kacangnya mantap banget dan sayurnya segar-segar,” kata pemilik Youtube Babahe Kamus Kuliner.

Netizen pun berkomentar tentang kelezatan pecel tawangmangu yang murah ini. “Pecel tawangmanggu, murah, meriah dan nikmat,” komentar pengguna Youtube, Naira Ramadhani Susanti.

Baca Juga: Dijamin Nagih! Nasi Gandul Khas Pati di Jebres Solo Ini Patut Dicoba

“Mantap pecel tawangmangunya, uueenak tenan, terimakasih info kulinernya,” tulis pengguna Youtube, dapur omsas.

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Diberi Gelar Kanjeng Pangeran, Gibran Juga Dapat Pesan ini Dari Raja Keraton Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapat beberapa pesan dan arahan seusai menerima gelar Kanjeng Pangeran dari Raja Keraton Solo.

Catat! Syarat Masuk Pasar Klewer Solo Akan Pakai Aplikasi Peduli Lindungi

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, menyebut perlunya penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk masuk ke Pasar Klewer.

Kasus Perusakan Nisan Makam, Permakaman Muslim Polokarto Sukoharjo Punya Aturan Ketat

Permakaman Muslim Polokarto, Sukoharjo, yang sebelumnya dilaporkan terdapat kasus perusakan makam, memiliki sejumlah aturan ketat.

Kembali Dilonggarkan, Hajatan di Solo Boleh Undang 50 Orang

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali melonggarkan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada pekan ini.

Panas Lur...! BMKG Ingatkan Suhu Udara Jateng Bisa Capai 37 Derajat Celsius sampai Oktober

BMKG Jateng mengingatkan akan adanya peningkatan suhu udara, bahkan bisa mencapai 37 derajat Celcius hingga Oktober mendatang.

Penutupan Dam Colo Sukoharjo Mundur 10 Hari, Ini Penyebabnya

Penutupan aliran saluran irigasi Dam Colo, Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah mundur 10 hari dari jadwal sebelumnya akan ditutup pada 1 Oktober 2021.

Hiii... Aura Wingit Pembantaian PKI di Cincim Jembatan Bacem Sukoharjo Masih Terasa

Warga sekitar Jembatan Bacem di Sungai Bengawan Solo, Telukan, Sukoharjo, masih merasakan aura wingit dari tragedi pembantaian PKI 1965 lalu.

Pemkot-Keraton Solo Buka Sentra Vaksinasi Covid-19 Sasar Abdi Dalem, Pelajar, dan Umum

Pemkot bekerja sama dengan Keraton Solo membuka sentra vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kalangan abdi dalem, pelajar, dan umum.

Gibran Dapat Gelar Pangeran dari Keraton Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendapat gelar Pangeran dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Lansia di Desa Bendo Boyolali Antusias Ikut Vaksinasi

Lansia di Desa Bendo, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, antusias mengikuti vaksinasi yang digelar di desa setempat.

Iuuuhhhh… Air Sungai Bengawan Solo di Sragen Hitam Pekat Seperti Oli, Bau Busuk

Air Sungai Bengawan Solo di Sragen berwarna hitam pekat seperti oli dan berbau busuk akibat tercemar limbah.

Pria Mirip Didi Kempot yang Viral Ternyata Orang Boyolali, Jago Nyanyi Hlo!

Inilah sosok pria yang memiliki paras mirip seniman campursari asal Solo, Didi Kempot. Videonya sempat viral di Instagram beberapa hari lalu.

Mengenang Malam Tragedi Pembantaian PKI di Jembatan Bacem, Puluhan Mayat Terduga PKI Mengapung di Bengawan Solo

Jembatan Bacem di Sungai Bengawan Solo merupakan saksi sejarah kelam eksekusi banyak orang terduga anggota dan simpatisan PKI pada 1965.

Kisah Heroik Petugas Palang Pintu Rel KA Selamatkan Orang Hendak Bunuh Diri di Klaten

Seorang petugas penjaga pintu perlintasan KA di Klaten melakukan aksi heroik menyelamatkan orang yang hendak bunuh diri di rel.

Pengumuman Lur! Jl Veteran dan Jl Pemuda Klaten Masih Ditutup Pukul 21.00-05.00 WIB

Ruas Jl Veteran dan Jl Pemuda Klaten dipastikan masih ditutup saban malam hingga pagi. Penutupan dilakukan hingga penutupan itu benar-benar tak lagi dibutuhkan.