Tutup Iklan

Pecel Tawangmangu, Kuliner Sehat Kombinasi 11 Sayuran Segar yang Lezat

Kuliner pecel khas Tawangmangu, Karanganyar ini selain lezat juga bergizi tinggi berisi kombinasi 11 sayuran segar berpadu dengan sambal kacang yang nikmat.

 Pecel tawangmangu. (Youtube/ 
BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

SOLOPOS.COM - Pecel tawangmangu. (Youtube/ BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Saat berkunjung ke lereng Gunung Lawu, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner khas yakni pecel Tawangmangu. Pecel ini selalu menjadi buruan pencinta kuliner lokal maupun luar daerah yang berlibur di Tawangmangu.

Pedagang pecel ini berjualan ini pinggir jalan menggunakan tenda. Lokasinya di jalan Kalisoro, Tawangmangu, atau di atas objek wisata The New Balekambang. Kuliner sehat ini selalu habis diserbu pencinta kuliner desa ini. Uniknya, pecel tawangmangu ini hanya dijual saat hari libur dan buka sejak pagi.

Baca Juga: Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih

Kuliner khas Tawangmangu ini berisi sayuran yakni selada air, bunga turi, tauge, kenikir, daun singkong, daun pepaya, kubis, bayam, kangkung, petai cina, kemangi, dan timun. Anda bisa melihat wujud asli pecel khas yang menggugah selera ini di video channel Babahe Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan berjudul Kuliner Murah di Solo | Ramai Sekali, Sudah 40 Tahun, Hanya Buka di Hari Libur | Pecel Tawangmangu, Rabu (9/6/2021).

Pecel tawangmangu.
Pecel tawangmangu dengan 11 macam sayuran. (Youtube/
BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

Kuliner pecel dengan isi kombinasi 11 sayuran ini harganya cukup murah, yakni dibanderol Rp5.000 per porsi. Cara penyajiannya juga unik dan tradisional, yakni menggunakan daun pisang dan kertas minyak yang dipincuk.

Anda bisa menambahkan gorengan yang digunting-gunting dan telur untuk menambah kelezatan  pecel ini. Tak lupa peyek kacang yang renyah ditambahkan sebagai pelengkap pecel tawangmangu. Sambal kacangnya yang super endul memiliki dua varian, yaitu pedas dan biasa. Pembeli bisa memesan sesuai selera baik sayuran maupun sambalnya.

Baca Juga: Endul! Ada Mie Ayam Bakar Bumbu Rempah di Solo Baru Sukoharjo

Selain lezat dan segar, kuliner yang berisi aneka dedaunan dan ditambahkan sambal kacang ini banyak mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Rasa dari bumbu kacangnya pas di lidah dan sayurannya pun segar, karena diperoleh dari perkebunan di Tawangmangu.

“Sambalnya pedesnya ge terlalu tapi manisnya oke, ada asinnya, bumbu kacangnya mantap banget dan sayurnya segar-segar,” kata pemilik Youtube Babahe Kamus Kuliner.

Netizen pun berkomentar tentang kelezatan pecel tawangmangu yang murah ini. “Pecel tawangmanggu, murah, meriah dan nikmat,” komentar pengguna Youtube, Naira Ramadhani Susanti.

Baca Juga: Dijamin Nagih! Nasi Gandul Khas Pati di Jebres Solo Ini Patut Dicoba

“Mantap pecel tawangmangunya, uueenak tenan, terimakasih info kulinernya,” tulis pengguna Youtube, dapur omsas.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Segera Dibentuk, Perbakin di Tiap Daerah di Soloraya

Sejumlah klub menembak seperti Senopati dan Mega Bintang yang hadir dalam Rakerkot itu mengusulkan perlu segera dibentuk pengurus Perbakin tingkat daerah

Pemkot Solo Belum Punya Regulasi Larangan Jualan Daging Anjing, Tapi...

Pemkot Solo hingga kini belum memiliki aturan yang melarang jual beli daging anjing dan hanya fokus pada upaya mencegah penyakit menularnya.

Libur Akhir Tahun, Pengelola TSTJ Solo Pasrah Ikuti Aturan Pemerintah

Pengelola objek wisata TSTJ Solo sudah bersiap menghadapi berbagai kemungkinan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Sragen Waspadai Varian Omicron, Ini Antisipasinya

Sragen masuk wilayah algomerasi Soloraya sehingga semua daerah di Soloraya harus bareng-bareng dalam menentukan status PPKM dan yang menjadi dasar daerah terendah.

Yamaha Gear 125, Si Jago Tanjakan yang Irit BBM

Yamaha Gear 125 menaklukkan tanjakan dan kelokan di Selo, Boyolali, hingga Ketep Pass, Magelang, dalam city tour bersama vlogger, blogger, dan para jurnalis yang digelar Yamaha Putra Utama Motor Boyolali.

Waduh! Banyak Anjing di Soloraya Ditelantarkan dan Dibuang, ke Mana Ya?

Sahabat Anjing Surakarta (SAS) menemukan banyak anjing peliharaan di wilayah Soloraya yang dibuang dan ditelantarkan karena berbagai sebab.

Anak Gugat Ibu di Boyolali, Sertifikat Tanah Sengketa Dipastikan Sah

BPN Boyolali memastikan sertifikat tanah yang menjadi objek sengketa dalam kasus anak menggugat orang ibu kandung di Dukuh Klinggen, Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit, sah.

Bangunan Pasar Legi Selesai 100%, Pedagang Siap Boyongan?

Pembangunan Pasar Legi Solo sudah selesai 100%. Bangunan pasar rencananya diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo pada akhir November 2021.

Lomba Menembak Internasional Meriahkan HUT ke-76 Brimob di Boyolali

Lomba menembak bertaraf internasional memperingati HUT ke-76 Brimob di Mako Brimob Boyolali di Gunung Kendil, Kecamatan Mojosongo, tak bisa dihadiri atlet luar negeri.

Rendengan, Atraksi Wisata Inisiatif Pokdarwis Pilangsari Sragen

Para pemuda yang tergabung dalam Pokdarwis Siwur Emas Desa Pilangsari, Gesi, Sragen, membuat event wisata dengan nama Rendengan di hutan jati seluas hampir 1 hektare.

1.200 Santri Ikuti Ujian Munaqosah Wisuda Akbar Klaten Menghafal #5

Ketua Panitia Ujian Munaqosah Klaten Menghafal, Dhohir Subagyo, menjelaskan kegiatan itu dimaksudkan untuk membumikan Al-Qur’an.

Minyak Goreng Curah Disetop pada 2022, Pemkab Sukoharjo Tunggu Regulasi

emerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo sudah mendapatkan informasi penyetopan peredaran minyak goreng curah pada 2022 dari pemerintah pusat.

Wuihhh, Warga Sragen Barter Mobil dengan 1 Pot Monstera Marmorata

Seorang pencinta tanaman hias asal Wonotolo, Gondang, Sragen, Eko Duta Flora, berani melakukan barter mobil Daihatsu Grand Max.

Longsor Landa Sejumlah Lokasi di Karanganyar, Ini Sebaran Titiknya!

Bencana tanah longsor kembali terjadi di Bumi Intanpari. Kali ini longsor terjadi di beberapa titik di wilayah Kecamatan Karangpandan dan Kecamatan Matesih, Sabtu (27/11/201) malam.

Ahli Waris Lahan Terdampak Tol Solo-Jogja Bikin Surat Kesepakatan

Pemerintah Desa Demakijo, Karangnongko, Klaten, berinisiatif membuat  dokumen surat kesepakatan bersama (SKB) ahli waris terdampak tol solo-jogja.