Pecahkan Rekor Muri, Pariwisata dan Batik Laweyan Diharapkan Terus Berkembang

Kegiatan Nyawiji Kunokini, yang digelar pada Minggu malam di kelurahan Laweyan, sukses memecahkan rekor sebagai peragaan busana batik pertama yang diiringi nyanyian dan tarian etnik.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membatik di Festival Laweyan 2022, Sabtu (1/10/2022). (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membatik di Festival Laweyan 2022, Sabtu (1/10/2022). (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO—Kelurahan Laweyan, Kecamatan Laweyan, Solo, memperoleh penghargaan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri), Minggu (2/10/2022).

Kegiatan Nyawiji Kunokini, yang digelar pada Minggu malam di kelurahan tersebut, sukses memecahkan rekor sebagai peragaan busana batik pertama yang diiringi nyanyian dan tarian etnik.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Peragaan busana batik bertajuk Nyawiji Kunokini merupakan salah satu rangkaian acara dalam Festival Laweyan 2022, yang digelar mulai Sabtu (1/10/2022) hingga Minggu (2/10/2022).

Peragaan busana tersebut digelar di sebuah panggung yang berada di Kampung Batik Laweyan, tepatnya di halaman belakang Hotel Solia Zigna.

Acara tersebut berlangsung meriah, dengan menampilkan busana batik dari Laweyan yang diiringi tarian dan musik etnik.

Busana batik yang ditampilkan pun beragam mulai busana remaja, dewasa hingga anak-anak. Ada lebih dari 100 busana yang ditampilkan.

Acara itu pun sukses memecahkan rekor sebagai peragaan busana batik pertama yang diiringi nyanyian dan tarian etnik. Piagam pecah rekor tersebut diserahkan oleh perwakilan Muri pusat, Widya.

Dalam sambutannya, Widya, mengatakan hingga saat ini Muri telah mencatat lebih dari 1.000 rekor, yang selalu memberikan inspirasi, menggugah semangat juang putra-putri Indonesia untuk terus menumbuhkan karsa dan karya terbaiknya.

Untuk Kelurahan Laweyan, menurutnya sudah tercatat tiga kali mencetak rekor.

“Ini adalah catatan rekor yang ketiga, sebab sebelumnya sudah pernah. Pertama adalah Kampung Batik Laweyan merupakan kampung batik sebagai tempat pariwisata internasional pada, 12 Mei 2008. Kedua memprakarsai peragaan busana muslimah batik terbanyak, September 2018. Kemudian malam ini memprakarsai catatan rekor peragaan busana batik pertama yang diiringi oleh nyanyian dan tarian etnik,” kata dia.

Menurut dia, kegiatan peragaan busana batik Nyawiji Kunokini dalam rangka Festival Laweyan 2022 tersebut merupakan kegiatan yang luar biasa, dengan melibatkan sekitar 150 peraga busana, delapan penari, satu dalang pembuka dan 10 musikus etnik.

“Ini bukti nyata masyarakat Laweyan nguri-uri budaya, supaya terus lestari, tumbuh dan berkembang. Mewakili ketua umum Muri, kami apresiasi kegiatan hari ini. Kegiatan ini resmi tercatat di Musuum Rekor Dunia Indonesia. Kami berikan piagam kepada Kelurahan Laweyan, LPMK Kelurahan Laweyan dan ketua Panitia Festival Laweyan 2022,” kata dia.

Sementara itu Lurah Laweyan, Agus Wahyu Purnomo Anwar, berharap dengan pemecahan rekor Muri tersebut diharapkan bisa memberikan dampak positif untuk Kelurahan Laweyan. Terlebih dalam hal pariwisata dan bisnis di Kampung Batik Laweyan.

“Kita tahu sudah dua tahun mengalami pandemi. Ini sangat berpengaruh kepada kegiatan wisata terutama kami sebagai Kampung Batik Laweyan, sangat merasakan dampak tersebut. Kami berharap itu [rekor Muri] sebagai trigger, kepada masyarakat luas bahwa kami sudah siap menerima wisatawan kembali. Saat ini sudah bisa berkunjung ke destinasi-destinasi wisata yang ada di Kelurahan Laweyan,” kata dia saat dihubungi, Senin (3/10/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Watu Panggung di Jekani Sragen Masih Dikeramatkan, Konon Dibuat Bocah Angon

      Keberadaan Watu Panggung di Dukuh Sidomulyo, Desa Jekani, Kecamatan Mondokan, Sragen, masih dikeramatkan oleh warga. Konon, tumpukan batu itu dibuat oleh anak penggembala alias boca angon.

      Banyak Peminat, 600 Dosis Vaksin Covid-19 di Boyolali Hampir Ludes dalam 2 Hari

      Dinas Kesehatan (Dinkes) Boyolali baru mendapatkan 600 dosis vaksin jenis Pfizer dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah, Rabu (7/12/2022).

      Jagong Nikahan Kaesang, Prabowo Subianto Menginap 2 Hari di Hotel Alila Solo

      Ketum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dipastikan menghadiri acara nikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      DAPM Karanganyar Sumbang Rp19 Juta bagi Korban Gempa Cianjur

      Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kabupaten Karanganyar menyerahkan bantuan Rp19 juta untuk korban gempa bumi di Cianjur melalui PMI

      Kaum Boro Bikin Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkades Wonogiri Tak Optimal

      Mayoritas warga yang absen atau tak menggunakan hak pilihnya di Pilkades Wonogiri berstatus kaum boro.

      STB Mahal dan Langka, Politikus Golkar Henry Indraguna Menduga Ada Penimbunan

      Politikus Partai Golkar Henry Indraguna menduga ada mafia yang sengaja menimbun set top box atau STB sehingga kini menjadi barang langka dan harganya mahal di mana-mana.

      Mobil Damkar & Derek Disiagakan di Jl. Solo-Jogja saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Mobil Damkar Klaten disiagakan di sepanjang jalan raya Solo-Jogja selama putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

      Persiapan Seleksi, Pesantren Mahasiswa UMS Siapkan 180 Kuota Santri Baru

      Pesantren mahasiswa (Pesma) K.H Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap menyambut 180 kuota mahasantri baru 2023/2024.

      Nikahan Kaesang-Erina, 32 Pesawat Carter Mendarat di Bandara Adi Soemarmo

      Bandara Adi Soemarmo Solo mendapatkan konfirmasi lebih dari 30 pesawat carter atau jet pribadi akan mendarat di bandara tersebut mengangkut tamu acara nikahan Kaesang-Erina.

      Hilang Hampir Sebulan, Warga Jatisrono Wonogiri Ditemukan Meninggal di Hutan

      Seorang pria lanjut usia ditemukan meninggal dunia dalam keadaan membusuk di Kawasan Hutan Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Perhutani Plalar, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Kamis (8/12/2022) malam.

      Boyolali Segera Punya Perda Kawasan Tanpa Rokok, Sanksi Tegas Bagi Pelanggar

      Boyolali segera miliki Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

      Satpol PP Klaten Copoti Banner Dukungan Pencapresan Ganjar Pranowo

      Satpol PP dan Damkar Klaten mencopoti sejumlah banner dukungan pencapresan Ganjar Pranowo di Jl. Jogja-Solo, Jumat (9/12/2022).

      Batal Angkut Tamu Nikahan Kaesang di Solo, Tukang Becak Merasa Dianaktirikan

      Tukang becak di Kota Solo mengaku merasa dianaktirikan setelah dipastikan batal dipakai untuk mengangkut tamu nikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Kreatif! Siswa SDN 5 Juwangi Boyolali Bikin Gaun "Mewah" dari Barang Bekas

      SDN 5 Juwangi yang tergabung dalam komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) Boyolali mengadakan School Expo, Kamis (8/12/2022)

      Tak Bayar Upah Sesuai UMK 2023, Pengusaha di Sragen Bisa Dipidana

      Disnaker Sragen menyosialisasikan UMK 2023 kepada pihak terkait. Perusahaan diminta taat dengan membayar upah sesuai UMK 2023 mulai tahun depan.