SOLOPOS.COM - Event Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (18/6/2023) menjadi sejarah pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Rekor ini mencatat track day yang diikuti mobil satu jenis dan satu merek dengan jumlah terbanyak, yakni 465 unit mobil Suzuki Jimny. (Istimewa)

Solopos.com, BOGOR-Event Indonesia Jimny Festival (IJF) 2023 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (18/6/2023) menjadi sejarah pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Rekor ini mencatat track day yang diikuti mobil satu jenis dan satu merek dengan jumlah terbanyak, yakni 465 unit mobil Suzuki Jimny.

Kegiatan ini dilepas Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, Komisaris Indomobil Group, Subronto Laras, dan Ketua Penyelenggara IJF 2023, Ronny Kusuma.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Event akbar ini berhasil mencatatkan sejarah otomotif Indonesia yakni dengan pemecahan Rekor Muri Track Day  mobil satu jenis dan satu merek terbanyak di sirkuit tersebut. IJF 2023 adalah bagian dari Kegiatan Offroad bersama founder dalam rangka Tribute to Syamsir Alam dan Askar Kartiwa yang didukung oleh Manajemen Sirkuit Internasional Sentul.

Saat menyaksikan pelaksanaan prosesi menciptakan Rekor Muri, Bambang Soesatyo dan Subronto Laras merasa kagum kepada penyelenggaraan IJF karena berhasil mengumpulkan lebih dari 500 pemilik Jimny dalam waktu 1 bulan.

“Saya mengenang kembali mobil Jimny Jangkrik dahulu ketika muda,” ujar Bambang Soesatyo dalam siaran resmi yang diterima Solopos, Senin (19/6/2023).

Sementara itu, Subronto Laras juga merasa melihat Jimny SJ10  era 70-an dengan mesin 2 tak dalam kondisi restorasi yang sangat baik, bahkan ia sempat diajak mencoba keliling lokasi IJF.

Di sisi lain, sebanyak 465 mobil Jimny generasi 1 hingga generasi 4 dari 12 provinsi dilepas Bambang Soesatyo dan Subronto Laras langsung melesat masuk lintasan sirkuit  Sentul  untuk menjalani prosesi penilaian dan verifikasi  dalam upaya menciptakan Rekor Muri.

Bahkan Direktur Utama Sirkuit Internasional Sentul, Didi Hardianto, ikut ambil bagian mengendarai Jimny bersama peserta IJF masuk lintasan sebanyak 3 putaran.

Sebelumnya 15 mobil Jimny dengan spesifikasi balap, lebih dahulu menjajal lintasan balap sebagai eksibisi, kemudian dilanjutkan dengan ratusan Jimny menjajal lintasan Sirkuit Sentul yang bangun era 90-an tersebut.

Meski dalam cuaca panas terik, peserta IJF tetap terlihat gembira melintas di sirkuit balap karena menjadi kali pertama dalam pengalaman hidup bisa mengendarai Jimny masuk sirkuit internasional tersebut.

Sementara itu, di hadapan peserta IJF, pihak Muri menyampaikan hasil keputusannya bahwa kegiatan Track Day yang dilakukan 465 mobil Jimny berhasil menciptakan rekor  Muri baru khususnya di dunia otomotif Indonesia.

Penghargaan diberikan kepada event IJF 2023, kepada pihak Sentul sebagai pendukung lokasi event, dan kepada Media Berita Indonesia Link sebagai Penyelenggara IJF 2023.

Sementara itu, Ronny Kusuma dalam penutupan menyampaikan rasa haru dan terima kasih kepada semua  anggota panitia, peserta IJF 2023, kepada IOF Founder dan Sirkuit Internasional Sentul yang telah mendukung IJF hingga terwujudnya mimpi para pemilik mobil Jimny agar bisa mencoba lintasan balap Sirkuit Sentul dan menciptakan rekor Muri dengan Jimny. “Inshaallah tahun 2024, IJF akan diselenggarakan dengan jumlah peserta lebih banyak lagi,  lebih meriah dan terus mendukung hidupnya ekosistem Jimny,: ujarnya.

Di hari yang sama di halaman parkir tribune sirkuit Sentul, Founder IOF melaksanakan kegiatan mengenang berdirinya IOF dan jasa 2 tokoh Offroad Syamsir Alam dan Askar Kartiwa atas kontribusinya.

Penyerahan piagam rekor Muri di IJF 2023
Penyerahan piagam rekor Muri di IJF 2023 (Istimewa)

Hadir dalam kegiatan tersebut mantan ketua IOF pertama Harry Irawadi, Mayjen TNI Mar (Purn) Djoko Pramono eks Ketua IOF, Jenderal Polisi Roesmanhadi, IOF Founder, para offroader senior dan nasional, serta keluarga mendiang Syamsir Alam dan Askar Kartiwa.

“Terima kasih kepada Suzuki, GT Radial, Bumame Associate Lawfirm, Belkote, Bank Mandiri dan  Lamban Garage serta kerja sama 30 media partner yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan IJF 2023. Sampai jumpa di Indonesia Jimny Festival 2024,” ujar Ronny Kusuma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya