Pecah Ban, Bus Pengangkut Wisatawan Sleman Terguling di Kulonprogo

Redaksi Solopos.com - Solopos.com
Minggu, 1 Desember 2013 - 19:15 WIB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kecelakaan (JIBI/dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO-Gara-gara ban pecah, bus pariwisata Ikha Jaya yang mengangkut 45 warga Dusun Lodoyo, Desa Ledoksari, Kecamatan Tempel, Sleman, terperosok ke dalam tebing sedalam tiga meter di jalan alternatif Kenteng-Canggakan, Dusun Dukuh, Desa Bumirejo, Kecamatan Lendah, Kulonprogo, Minggu (1/12/2013) pagi.

Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, bahkan para penumpang melanjutkan perjalanan ke Pantai Glagah dengan menggunakan bus lain.

Kejadian bermula saat dua buah bus pariwisata yang berisi rombongan wisatawan hendak menuju Glagah. Saat melewati tanjakan di Jalan Kenteng-Canggakan, salah satu bus yang bernopol K 1543 EA mengalami pecah ban depan kanan dan bus oleng ke kanan.

Beruntung kendaraan tersebut tidak langsung meluncur ke arah tebing karena banyak pohon yang menahan badan bus. Dalam posisi miring di sisi tebing, para penumpang berhamburan keluar dari bus.

Murtiyono, sopir bus yang terguling, mengatakan awalnya ia hanya mengemudikan kendaraan dengan kecepatan sekitar 40 kilometer per jam di jalan bergelombang. “Tapi saat di tanjakan, tiba-tiba ban depan kanan meledak dan banting kanan, karena tak kuat menahan akhirnya terguling,” jelasnya.

Kepala SPK Polsek Lendah, Aiptu Gatot Subroto, menjelaskan, rombongan wisatawan asal Sleman ini rencananya akan berwisata ke Pantai Glagah, akan tetapi saat di tempat kejadian, ban pecah sehingga bus oleng dan terguling.

“Diduga karena ban yang dipakai vulkanisir dan gundul,” ungkapnya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif