SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)– Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah  (PDM) Wonogiri, H Kusman mengimbau kepada kalangan pegawai negeri sipil (PNS) maupun murid sekolah yang mengikuti salat Idul Adha, Selasa (16/11) pagi ini tetap masuk kerja atau sekolah seperti biasa.

Salat Id akan dimulai pukul 06.00 WIB dan diusahakan selesai pada pukul 07.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Demikian disampaikan Kusman, saat ditemui wartawan, Senin (15/11).

Menurut Kusman, ada tiga tempat di wilayah Wonogiri kota di mana warga bisa mengikuti salat Id, yaitu di lapangan depan Kodim, Lapangan Pringgodani dan Lapangan Bantarangin. Selain itu, di masing-masing kecamatan juga ada yang menyelenggarakan.

“Pelaksanaan salat Idul Adha pada Selasa (hari ini) oleh Muhammadiyah sudah ditetapkan sejak beberapa bulan lalu, bersamaan dengan penetapan hari Idul Fitri. Kemarin kami mendapat kabar para jamaah haji hari ini (kemarin) telah wukuf di Arafah,” ujar dia.

Meski berbeda dengan keputusan pemerintah yang menetapkan Idul Adha pada Rabu (17/11), Kusman mengatakan bukan berarti ada pertentangan. Muhammadiyah hanya melaksanakan ibadah sesuai keyakinan dan masyarakat juga diberi kebebasan apakah akan mengikuti salat Id pada Selasa atau Rabu.

“Bagi masyarakat, khususnya PNS dan anak sekolah, yang mengikuti salah Id pada hari Selasa, karena bukan hari libur, kami harapkan agar tetap masuk kerja atau sekolah seperti biasa. Saya kira tidak akan jadi masalah, sebab salat Id akan dimulai pukul 06.00 WIB dan selesai pukul 07.00 WIB,” kata Kusman.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya