Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat menyerahkan berkas pendaftaran Pilwalkot 2020 di Kantor DPC PDIP Kota Semarang, beberapa waktu lalu. (Semarangpos.com-DPC PDIP Kota Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berharap ada calon lain yang maju atau mencalonkan diri pada Pilkada atau Pilwalkot Semarang 2020.

Bursa calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawawali) Kota Semarang saat ini memang terbilang sepi. Hingga saat ini, baru ada satu bakal calon (balon) wali kota yang dipastikan maju pada pemilihan umum kepala daerah (pilkada) atau Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Semarang 2020.

Balon wali kota pada pilkada 2020 itu tak lain adalah calon incumbent, Hendrar Prihadi, yang mendaftar dari PDIP. Sementara untuk balon wakil wali (wawali) Kota Semarang diramaikan calon incumbent, Hevearita G. Rahayu, dan Alexandros Hidayat.

Ketua Tim Penjaringan PDIP Kota Semarang, Kadarlusman, berharap ada calon lain yang maju pada Pilwalkot Kota Semarang, terutama dari partai lain. Jika tidak ada, bisa dipastikan  Pilwalkot Semarang bakal diisi satu paslon atau menghadapi kotak kosong.

"Harapan kami kalau bisa jangan cuma satu paslon yang maju. Jangan sampai lawan kotak kosong. Kalau lawan kotak kosong kan semangat para kader seperti enggak bergairah," ujar Kadarlusman kepada Semarangpos.com di Gedung DPRD Jateng, Senin (30/9/2019).

Kadarlusman mengatakan saat ini hanya Hendi, sapaan Hendrar Prihadi, yang telah menyerahkan berkas pendaftaran sebagai balon wali kota di Kantor PDIP Kota Semarang. Padahal pendaftaran yang dibuka sejak 16 September itu sudah ditutup 20 September.

Para kader PDIP Kota Semarang pun sepakat untuk kembali mengusung Hendi pada Pilwalkot nanti. Bahkan, menurut Pilus beberapa partai politik (parpol) di luar PDIP juga siap berkoalisi untuk memenangkan Hendi.

"Kemarin yang sudah menyatakan sepakat untuk berkoalisi dengan PDIP adalah Demokrat dan Golkar. Dalam waktu dekat kemungkinan Gerindra," ujar pria yang akrab disapa Pilus itu.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro, mengaku hingga kini partainya belum menentukan arah di pilkada atau Pilwalkot Semarang 2019. Ia pun menyatakan adanya kemungkinan Gerindra berkoalisi dengan PDIP pada Pilwalkot Semarang 2020 ini.

"Ya, tidak menutup kemungkinan  [berkoalisi dengan PDIP]. Pada pilkada sebelumnya, dari delapan kabupaten/kota di Jateng kita juga berkoalisi dengan PDIP kok," kata Sriyanto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten