SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Klaten membuka celah bagi Parpol lain untuk ikut mengusung pasangan Sunarna-Hartini dalam Pilkada mendatang. Tawaran tersebut digulirkan PDIP untuk memuluskan jalan merealisasikan Pilkada satu putaran.

Ketua DPC PDIP Klaten, Agus Riyanto, Jumat (11/6), mengatakan, komunikasi dengan Parpol lain terus diintensifkan, terutama mendekati tahapan pendaftaran calon Pilkada yang dijadwalkan Juli 2010.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Memang belum ada hitam di atas putih, kami masih berkomunikasi dan menelusuri apa yang menjadi keinginan Parpol-Parpol,” ungkapnya di Klaten.

Ekspedisi Mudik 2024

Meskipun PDIP sudah mempunyai calon yang direkomendasikan DPP, kata Agus, peluang bagi Parpol lain untuk turut mengusung Sunarna-Hartini dibuka lebar-lebar. Menurut dia, Parpol pengusung bermakna lebih dibanding sekadar mendukung. Parpol pendukung, tambahnya, hanya berperan saat pencalonan sedangkan pengusung arahnya menuju koalisi permanen.

Dia mengatakan, walaupun sebenarnya kekuatan PDIP sendiri sudah cukup untuk mendaftarkan kandidatnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), tapi pihaknya tak ingin jumawa. Apalagi menjelang tahapan pendaftaran, kata Agus, peta perpolitikan semakin gampang berubah-ubah. Oleh sebab itu, pihaknya tak sungkan menggandeng Parpol lain yang sejalan dengan PDIP.

Disinggung apakah langkah tersebut sebagai bentuk kekhawatiran PDIP atas upaya Partai Golkar yang menggalang kekuatan untuk mengganjal calon incumbent, Agus berdalih semua Parpol berhak menjalin komunikasi dengan Parpol lain. “Kami tak ingin mencampuri urusan dapur tetangga. Sepanjang belum ada kesepakatan, komunikasi jalan terus.”

rei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya