SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL-Kekuasaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Bantul bakal semakin kuat karena partai ini mendominasi perolehan kursi parlemen.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Bantul Aryunadi menyatakan, hasil perhitungan suara di tingkat kecamatan sudah cukup memastikan, partai moncong putih ini memperoleh 12 kursi anggota dewan. Naik satu kursi dibanding Pemilu 2009.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aryunadi menyebut perolehan suara partainya untuk DPRD naik dari 112.000-an suara menjadi 150.000-an suara. “Dengan kondisi seperti ini kami akan semakin kuat di parlemen,” tegas Aryunadi, Minggu (20/4/2014).

Kekuatan partai di Dewan yang dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah, menurut dia, tidak hanya akibat jumlah anggota Dewan yang bertambah. Sebab secara kualitas, Aryunadi mengklaim partainya kini menempatkan sejumlah wakil rakyat yang merupakan mantan kepala desa.

“Dari sisi pengetahuan dan pengalaman membuat kebijakan mereka tidak diragukan lagi, jadi secara kualitas kami kuat,” imbuhnya.

Kali ini, PDIP tidak akan didominasi oleh wajah lama alias caleg incumbent. Enam orang dari 12 Caleg PDIP yang lolos tersebut merupakan wajah baru. Tiga di antaranya adalah mantan kepala desa. Dominasi PDIP di parlemen diyakini bakal semakin memperkuat kebijakan pemerintah kabupaten yang kini dipimpin Bupati dari PDIP tersebut.

Partai lainnya yang untung saat pemilu kali ini adalah PKB. Partai ulama itu diyakini memperoleh empat kursi. Naik dari sebelumnya hanya tiga kursi.

Sementara sejumlah partai seperti PKS dan Partai Demokrat yang sebelumnya menjadi partai tengah dengan perolehan kursi masing-masing lima kursi pada Pemilu 2009 kini harus menelan kekalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya