SOLOPOS.COM - ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA-Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kota Jogja belum memutuskan kadernya untuk mengisi jabatan Ketua DPRD Kota Jogja. PDIP Masih menunggu petunjuk dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Dalam Pemilu Legislatif (Pileg) di Kota Jogja, lalu, partai berlambang moncong putih itu memperoleh suara terbanyak yaitu 77.236 suara atau mendapat jatah kursi di DPRD sebanyak 15. Dengan perolehan tersebut PDIP berhak mengajukan kadernya untuk menduduki jabatan Ketua DPRD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua DPC PDIP Kota Jogja Sujanarko mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan kader-kader terbaik untuk mengisi jabatan Ketua DPRD. Namun demikian hingga kini DPC masih menunggu keputusan tingkat pusat dan DPD PDIP DIY.

“Kita masih menunggu Surat Keputusan dari DPP dan DPD dulu untuk kepastiannya,” kata dia saat dihubungi Kamis (15/5/2014).

Menurut Sujanarko, ada beberapa kemungkinan kualifikasi sebagai syarat untuk diajukan sebagai Ketua DPRD, yaitu dari pengurus struktural DPC, fungsionaris DPC atau bisa dari calon legislatif (caleg) yang memperoleh suara terbanyak diantara caleg PDIP lainnya.

Disinggung soal kesiapan dari struktural DPC PDIP Kota Jogja, Sujanarko mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada kepada partai. Namun demikian Sujanarko mengaku sebagai kader partai harus siap apapun yang diminta partai.

“Sebagai kader partai saya hanya mengalir dan mengikuti partai. Saya kira semua kader harus siap ditempatkan dimanapun sesuai aturan main partai,” tandas Sujanarko.

Sebagaimana diketahui, Komisis Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja sudah menetapkan perolehan kursi dan penetapan anggota DPRD periode 2014-2019. PDIP memperoleh suara terbanyak yaitu 15 kursi, disusul Partai Amanat Nasional (PAN) lima kursi, Golkar lima kursi dan Gerindra lima kursi, PPP empat kursi, PKS empat kursi, Demokrat satu kursi dan Nasdem satu kursi.

“Hasil penetapan perolehan kursi dan nama-nama caleg yang lolos ini sudah final dan akan kami serahkan ke sekretariat Dewan untuk kemudian dilantik,” ucap Ketua KPU Kota Jogja Wawan Budiyanto, Senin (12/5/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya