SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka berjalan menuju Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Kamis (12/12/2019). (Semarangpos.com-Tim Relawan Gibran)

Solopos.com, SEMARANG — Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah (Jateng) mengklaim sudah melakukan survei internal terkait tingkat elektabilitas calon yang akan diusung pada Pilkada 2020.

Survei itu dilakukan di 21 kabupaten/kota di Jateng yang menggelar Pilkada 2020.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang 'Pacul' Wuryanto, mengatakan survei digelar secara internal partai. Dari survei itu, rata-rata kader PDIP menunjukkan elektabilitas yang tinggi terutama yang saat ini masih menjabat sebagai petahana atau incumbent.

"Untuk Kota Semarang dan Kabupaten Wonogiri, hasil surveinya sangat memuaskan. Ini enggak mendahului yang Di Atas, tapi berdasarkan hasil di lapangan," ujar Bambang saat menggelar jumpa pers di Kantor DPD PDIP Jateng, Kota Semarang, Kamis (12/12/2019).

Bambang menyebut survei PDIP di Kota Semarang menunjukkan jika Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, masih memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi.

Hendi, sapaan wali kota Semarang, pun akan sulit ditandingi lawan politiknya pada Pilkada 2020 nanti. Begitu juga dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, yang sudah memastikan kembali mencalonkan diri setelah mendaftar sebagai bakal calon (balon) bupati Wonogiri di Kantor DPD PDIP Jateng, Kamis siang.

"Ini bukan jemawa ya. Bukan juga mendahului yang Di Atas. Tapi, sekali lagi kalau mau melawan mereka sulit, butuh mesin politik yang solid dan amunisi yang kuat," tegasnya.

Sementara itu saat disinggung terkait survei elektabilitas yang digelar di Solo, Bambang mengaku sudah dilakukan oleh internal partai berlambang kepala banteng itu. Meski demikian, Bambang enggan menyebutkan hasil survei untuk Pilkada Solo.

"Untuk [hasil survei] Solo tidak dibocorkan dulu. Tapi pastinya sudah," ujar Bambang sambil berkelakar.

Tercatat ada tiga kandidat yang memperebutkan rekomendasi PDIP untuk maju sebagai calon wali kota (cawali) Kota Solo pada Pilkada 2020. Ketiga orang itu yakni Achmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo, IwamTriyanto yang memiliki latar belakang pengusaha, dan Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra Presiden Joko Widodo.

Sementara untuk calon wakil wali kota (cawawali) Solo diperebutkan 9 orang yakni Teguh Prakoso yang mendaftar melalui DPC PDIP Kota Solo, dan Ginda Ferachtriawan, Aris Joko Saraswo, Purwono, Diah Warih Anjari, Edy Jasmanto, Razali Ismail, Angga Agus Saputro, dan Bambang Tri Antono, yang mendaftar melalui DPD PDIP Jateng.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya