PDIP Jateng Gelar Fit & Propher Test Sabtu, 211 Kandidat Bakal Diuji

PDIP Jateng akan menggelar fit and propher test kepada 211 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan mengikuti Pilkada 2020, termasuk Gibran Rakabuming Raka.

 Gibran Rakabuming Raka berjalan menuju Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Kamis (12/12/2019). (Semarangpos.com-Tim Relawan Gibran)

SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka berjalan menuju Kantor DPD PDIP Jateng di Kota Semarang, Kamis (12/12/2019). (Semarangpos.com-Tim Relawan Gibran)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 211 bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah yang mencalonkan diri pada Pilkada 2020 di Jawa Tengah (Jateng) melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan melakoni fit and propher test, Sabtu (21/12/2019).

Tes akan digelar di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jateng atau yang akrab disebut Panti Marhaen, Kota Semarang.

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu), Bambang Hariyanto Baharudin, menyebutkan 211 peserta tersebut merupakan balon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang telah mendaftar sebagai kandidat yang akan diusung PDIP pada Pilkada 2020 di Jateng.

“211 peserta yang ikut tes nanti merupakan bakal calon yang sudah mendaftar di PDIP, baik itu di DPC [dewan pimpinan cabang] maupun di DPD. Sesuai instruksi dari partai, semua kandidat harus menjalani tes di DPD. Setelah itu, yang lolos akan menjalani tes lagi di DPP,” ujar Bambang kepada Solopos.com, Jumat (20/12/2019).

Bambang menambahkan untuk mengakomodasi seluruh peserta, pihaknya akan menerjunkan 54 petugas partai. Ke-54 petugas partai ini akan dibagi dalam 18 tim penguji, yang setiap timnya terdiri dari tiga orang.

“Jadi, nanti satu tim itu ada tiga orang. Satu orang bertugas sebagai pewawancara inti, satu orang pendamping, dan satu orang lagi sebagai notulen. Jumlahnya ada 18 tim,” terang Anggota Komisi A DPRD Jateng itu.

Dari sederet nama peserta yang akan melakoni tes itu beberapa di antaranya merupakan tokoh yang sudah memiliki popularitas di tengah masyarakat. Mereka antara lain putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, dan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, yang bersaing untuk mendapat rekomendasi sebagai calon wali kota Solo pada Pilkada 2020.

Selain itu ada juga beberapa calon petahana atau yang saat ini masih menjabat sebagai bupati yang mengikuti tes, seperti Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Bupati Klaten, Sri Mulyani, dan lain-lain.

Demi mengakomodasi seluruh kandidat dalam menjalani tes, DPD PDIP Jateng rencana menggelar tes dalam tiga sesi. Sesi pertama digelar mulai pukul 08.00 WIB-11.00 WIB, dilanjutkan pukul 11.00 WIB-14.00 WIB, dan terakhir pada pukul 14.00 WIB-16.00 WIB.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Espos Plus

Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

+ PLUS Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

Aktivitas erupsi efusif Gunung Merapi membentuk kubah lava yang salah satunya di bagian barat daya dengan volume mencapai 1.670.000 m3. dan pada bagian tengah mencapai 3.007.000 m3.

Berita Terkini

Polda Jateng Raih Nilai Tertinggi ETLE Nasional, Ini Penyebabnya

Ditlantas Polda Jateng meraih nilai tertinggi dalam program ETLE Nasional Presisi, yakni program yang menjaring pelanggar lalu lintas melalui tilang elektronik.

Kejam! Pria di Semarang Bunuh Istri dan Kabur Bawa Anak

Peristiwa pembunuhan yang melibatkan suami terhadap istri terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (15/1/2022).

Kisah TKI asal Kudus, Gaji Tak Diberi Hingga Kena Deportasi

Kisah sedih berasal dari seorang perempuan asal Kabupaten Kudus yang menjadi TKI melalui agen penyaluran ilegal di Malaysia.

Tepergok Pemilik Rumah Saat Curi Uang, Kurir di Grobogan Ditangkap

Berdalih sedang tertilit utang, seorang kurir barang nekat mencuri uang di rumah pemilik paketan barang di Desa Bendoharjo, Kecamatan Gabus, Grobogan.

Berikut Prakiraan Cuaca Berbagai Daerah di Jateng Selama Sepekan

BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis prakiraan cuaca di berbagai daerah di Jateng selama sepekan terkait cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir.

Geger! Mayat Misterius Ditemukan di Pantai Pungkruk Jepara

Penemuan sesosok mayat tanpa identitas atau misterius menghebohkan warga di Pantai Pungkruk, Kabupaten Jepara.

Borobudur Edupark Mulai Dibuka Hari Ini, Ada Promo Tiket

Borobudur Edupark mulai Sabtu (15/1/2022) dibuka untuk umum. Pengelola memberikan disko harga tiket masuk selama masa promo.

Dibakar Api Cemburu, Pemuda Magelang Tebas Kepala Selingkuhan Pacar

Seorang pemuda di Kabupaten Magelang nekat melakukan penganiayaan dengan membacok kepala korban yang merupakan selingkuhan pacarnya.

Pemekaran Banyumas Jadi 3 Kabupaten/Kota Terganjal Pandemi Covid-19

Usulan pemekaran wilayah Kabupaten Banyumas menjadi tiga daerah otonom atau tiga kabupaten/kota telah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tak Kapok! Ganjar Kembali Beri Bantuan ke Kader PDIP

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, kembali membagi-bagikan bantuan untuk renovasi rumah kepada kader PDIP.

Kronologi Meninggalnya Mahasiswa IAIN Salatiga Usai Kegiatan Mapala

Mahasiswi IAIN Salatiga meninggal dunia seusai mengikuti kegiatan mahasiswa pencinta alam (mapala) di Gunung Telomoyo, berikut kronologi kematiannya.

Dua Terpidana Mati Dipindah ke Nusakambangan, Salah Satunya WNA Nigeria

Dua napi terpidana mati kasus narkoba dipindahkan ke LP Nusakambangan yang memiliki penjagaan ekstra ketat dan supermaksimum.

Ditangkap, Perampok di Kudus yang Bacok Tangan Korban Hingga Putus

Aparat polisi meringkus kawanan perampok atau begal yang melukai tangan korban hingga putus di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng).

Kemenparekraf Perkuat Pemasaran Homestay Masyarakat di Borobudur

UpayaKemenparekraf ini diharapkan dapat menambah daya tarik Destinasi Super Prioritas (DSP) Borobudur sehingga lebih banyak wisatawan yang datang.

Bejat! Santriwati di Magelang Disekap dan Dirudapaksa, Pelaku 3 Orang

Seorang santriwati sebuah pondok pesantren (ponpes) di Magelang menjadi korban rudapaksa dan disekap selama beberapa hari.